Daerah

Waktu Tunggu TMP Lama, Pekanbaru Butuh 50 Unit Bus Lagi

Gagasanriau.com Pekanbaru - Lamanya waktu yang terbuang untuk menunggu kedatangan bus Trans Metro pekanbaru (TMP) dinilai sangat merugikan masyarakat pengguna transportasi publik milik Pemko Pekanbaru ini.

Pengelola Bus Trans Metro Pekanbaru mengakui waktu tunggu (headway) antara dua bus untuk melewati halte terlalu lama, bahkan mencapai 20 menit saat transit pada halte tertentu.

"Kalau standar yang diterapkan oleh Kementerian Perhubungan, headway atau waktu antara maksimal hanya lima menit. Untuk saat ini bus Trans Metro Pekanbaru ada beberapa rute yang headway nya tujuh menit, namun ada beberapa lainnya yang mencapai lebih dari 30 menit," kata Dirut PD Pembangunan yang mengelola bus tersebut Heri Susanto di Pekanbaru, Rabu (14/1/2015).

Heri mengatakan lamanya waktu antara tersebut dikarenakan jumlah armada bus yang dimiliki TMP masih terbatas, sekitar 75 bus yang beroperasi setiap harinya. Idealnya TMP memiliki 125 bus sehingga waktu antara tersebut bisa dipersingkat.

Jumlah halte yang terbatas juga menjadi penyebab belum maksimalnya pelayanan bus TMP "Halte yang tersedia saat ini sebanyak 300 unit masih kurang sehingga layanan kepada masyarakat belum maksimal," ujar Heri.

Kondisi itu mengakibatkan penumpang tidak nyaman menggunakan layanan angkutan massal itu dan memilih menggunakan angkutan lain.

"Seperti rute dari Kantor Wali Kota Pekanbaru menuju Rumbai, waktu tunggu naik dan turun penumpang masih lama yaitu mencapai 45 menit. Ini karena rute yang jauh dan halte tidak memadai," katanya.

Editor M. Panggabean Sumber antarariau


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar