Daerah

Serahkan APE ke Pengurus PAUD, Zulaikhah Wardan: Pengajar Diharapkan Kreatif

Gagasanriau.com Tembilahan - Demi meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Zulaikhah Wardan intens meningkatkan sarana dan prasarana pendukung lembaga PAUD pada tingkat Desa.

Senin lalu (19/1/2015) Bunda PAUD Inhil ini menyerahkan Alat Permainan Edukatif (APE) kepada pengurus PAUD Al-Falah di desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Indragiri Hilir (Inhil).

Zulaikhah mengatakan tujuan penyerahan bantuan APE ini guna mendukung lembaga PAUD dalam penyediaan APE yang sesuai standar. Mengingat dari sejumlah lembaga PAUD yang ada di Inhil belum semua memiliki sarana dan prasarana khususnya APE yang memadai dan sesuai standar.

"Lima aspek perkembangan anak yakni nilai agama, moral, fisik, kognitif, bahasa dan emosional anak dalam menuju kematangan setiap anak memerlukan kesempatan tumbuh dan berkembang dan tentunya harus didukung oleh fasilitas salah satunya APE" kata Bunda PAUD Inhil.

Di lembaga PAUD, kata Zulaikhah menambahkan, apa yang menjadi bagian tak terpisahkan mengingat proses pembelajaran di PAUD adalah bermain sambil belajar yang menyenangkan.

"Melalui media permainan tersebut daya pikir dalam bentuk kreativitas dan konsentrasi anak dapat dirangsang lebih cepat, karenanya semua APE harus mengandung unsur-unsur pendidikan" tambahnya.

Bunda Ikha mengingatkan, APE yang dipakai proses pembelajaran oleh guru atau pengasuhnya di PAUD tidak harus dibeli dalam bentuk jadi, para guru atau pengajar diharapkan kreatif membuat APE dari bahan-bahan bekas seperti botol maupun barang bekas yang penting menarik serta unik.

Lebih penting lagi kata bunda PAUD Inhil, apa yang dibuat tidak harus mahal, yang terpenting menarik bagi anak, mampu merangsang kerja sensor motorik otak anak, sehingga apa yang dapat mengembangkan kecerdasan anak. Tak lupa APE juga harus mengandung nilai-nilai agama dan budaya serta karakter.

Reporter Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar