Daerah

Mulai Januari PNS Muslim Bayar Zakat di Upz Korpri

Gagasanriau.com Bagan Sinembah - Dalam rangka melaksanakan Rukun Islam yang ke-4 di lingkungan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bagan Sinembah, unsur pimpinan kecamatan (Upika) membentuk lembaga khusus Unit Pelayanan Zakat Korps Pegawai Republik Indonesia (Upz Korpri). Bertujuan melayani pembayaran serta pendistribusian zakat di lingkungan Pemcam.

Demikian disampaikan Sekretaris Upz Korpri Bagan Sinembah, H Darsono SE kepada Gagasanriau.com, Sabtu (25/1/15) di Bagan Sinembah.

Dikatakannya, tujuan pembentukan Upz Korpri itu adalah sebagai bentuk kepedulian PNS yang beragama Islam untuk meringankan beban delapan asnaf (Fakir, Miskin, Amilin, Mualaf, Fisabilillah, Ghorim, Ibnu Sabil, dan Hamba Sahaya).

"Disamping itu, pembentukan Upz Korpri itu juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dengan memberikan modal usaha dan terpenting untuk peningkatan keimanan. Serta, membersihkan diri dari penyakit lahir bathin dan supaya kita juga bisa memberi manfaat bagi orang lain," terangnya.

Pungutan zakat akan di mulai Bulan Januari ini dan untuk bulan-bulan selanjutnya setiap pembayaran gaji.

"Pelaksanaan pungutan zakat itu, nantinya di lakukan secara periodik. Mulai gajian bulan ini (Januari, red), kita sudah melaksanan pungutan zakat yang besarannya 2,5 persen. Selanjutnya pungutan zakat akan dilakukan setiap bulan bertepatan dengan pembayaran gaji setiap bulannya dan disertai dengan menandatangani surat pernyataan bersedia mengeluarkan zakat," jelasnya.

Lanjutnya lagi, mekanisme pelaksanaan penerimaan zakat akan diatur sedemikian rupa. Zakat akan dikumpulkan di masing masing instansi, kemudian diserahkan kepada bendahara Upz Korpri.

"Selanjutnya berdasarkan musyarah bersama Upz, baru kemudian zakat yang sudah terkumpul tersebut di serahkan kepada 8 Asnaf tersebut. Kita prioritaskan untuk peningkatan ekonomi dalam bentuk modal usaha, agar saudara-saudara kita umat islam dapat terbebas dari belenggu kemiskinan," katanya menutup pembcaraan. Reporter Herman Syach


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar