Daerah

Puluhan Warga Pangkalan Kerinci Akan Ikuti Vasektomi

Gagasanriau.com Pelalawan - Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Setdakab Pelalawan,hari ini Sabtu (24/1/2015), akan melaksanakan pelayanan KB berupa Vasektomi. Kegiatan tersebut diikuti puluhan masyarakat Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Vasektomi (Kotrasepsi Mantap) khusus pria dewasa, dilakukan di Rumah Sakit Pekanbaru, hal ini di ungkapkan kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Setdakab Pelalawan H Khairunnas melalui motivator BP3AKB, Ida BK Kurniawan Jum'at (23/01) di Pangkalan Kerinci.

Program vasektomi adalah sejenis operasi kecil bagi kaum pria dewasa untuk mencegah kehamilan yang bersifat permanen. Program ini sendiri telah dimulai pada era Presiden Soeharto tahun 80an dan telah mendapat Sertifikat Halal dari Fatwa Makjelis Ulama Indonesia (MUI).

"Insya Allah puluhan masyarakat Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan akan mengikuti Vasektomi (Kotrasepsi Mantap) khusus pria dewasa. Kesadaran masyarakat Pelalawan untuk mengikuti program KB sudah cukup tinggi. program vasektomi adalah KB untuk kaum pria dewasa yang menpunyai anak lebih dari dua,"ujarnya.

Ida BK Kurniawan juga mengatakan, program vasektomi merupakan program keluarga berencana yang dicanangkan pemerintah untuk membatasi laju pertumbuhan penduduk atau meredam angka kelahiran. Disamping itu, program vasektomi sangat bermanfaat bagi pasangan yang kurang harmonis, karena dijamin setelah mengikuti program vasektomi hubungan suami-istri lebih harmonis, khususnya berhubungan badan. Program KB vasektomi tidak dipungut biaya apapun, semua keperluan akan ditanggung termasuk biaya transportasi, biaya makan dan lain-lain.

"Saya mengajak masyarakat agar mau mengikuti progaram vasektomi karena memang banyak manfaatnya disamping membuat hubungungan suami istri yang lebih harmonis, proragram vasektomi tersebut tidak dipungut bayaran (Gratis) dan dari pihak BP3AKB akan menanggung biaya transportasi pulang pergi, biaya makan dan lain-lainya. Program Vasektomi tidak dipungut biaya alias gratis, biaya transportasi pulang pergi, biaya makan dan lain-lainya ditanggung. Bagi masyarakat yang ingin ikut program Vasektomi bisa menghubungi nomor HP 0812 7646 1946 atas nama Ida BK Kurniawan,"ungkapnya.

Ida BK Kurniawan berharap media turut mensukseskan program vasektomi tersebut karena BP3AKB sangat yakin peran media begitu besar untuk menyebarkan informasi ditengah-tengah masyarakat luas.

Sementara itu Dabus (53) warga Kelurahan Pangakalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, pasien yang telah mengikuti program vasektomi kepada media mengaku terbantu dengan adanya program ini disamping gratis. "Hubungan saya dengan istri saya semakin harmonis, disamping biaya ditanggung, kesehatan saya juga semangkin baik,"ungkapnya, seraya menambahkan sebelumnya kesehatan jauh dari kata sehat, akan tetapi setelah mengikuti program vasektomi nafsu makan jadi bertambah.

Saat disinggung efeks samping program vasektomi, Dabus mengatakan, "masyarakat untuk tidak perlu hawatir, tidak ada hal-hal yang negatif terjadi. Yang jelas nafsu makan bertambah, badan terasa fit, satu hal yang penting bagi kalangan yang berkeluarga hubungan suami istri semangkin harmonis," pungkasnya.

Reporter Rommel Sirait


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar