Daerah

Warga Tapung Hulu Kampar Tuntut PT IKS Kembalikan Tanahnya

Gagasanriau.com Tapunghulu-Ratusan warga Danau Lancang kembali memblokir jalan disertai dengan sholat berjaamaah di depan pintu masuk perusahan PT. Inti Kamparindo Sejahatera (PT IKS) karena telah merampas lahannya warga setempat pada Jumat siang 29/2/15.

Dalam aksinya warga minta PT Inti Kamparindo Sejahtera (PT. IKS) mengembalikan lahannya yang di kuasai perusahaan sejak dari tahun 1998 sampai sampai saat ini awal tahun 2015.

"Aksi ini adalah yang kesekian kalinya kami lakukan untuk meminta lahan seluas 1750 hektar agar dikembalikan ke warga Desa Danau Lancang karena itu hak warga dan hengkang dari Desa kami"ujar Korlap Aksi Dabson.

Ditambahkannya bahwa perusahaan tidak ada niat baik untuk berkomunikasi dengan warga selama ini. "Kami demo malahan perusahan menghadang dengan massa tandingan untuk bentrok dengan warga Desa Danau Lancang dan ini adalah bentuk kekecewaan kami atas Pemda Kampar yang tidak bisa memberikan keadilan buat masyarakat Kampar. Kalau ini tidak juga didengar kami akan mengadakan aksi kubur diri Senen 2/2/15"tegas Dabson.

Disaat bersamaan Humas PT IKS Willy saat dikonfirmasi di lokasi tersebut membantah adanya mobilisasi massa. “Kita liburkan karyawan dan disuruh untuk berjaga-jaga mengamankan aset, biarkan DPRD Kampar yang bekerja dulu, karena masalah ini sudah dua kali dibicarakan di komisi I dalam hearing"katanya kepada Gagasanriau.com.

Ditambahkannya, "perusahaan siap negosisasi apa mau masyarakat, tetapi ada poin-poin yang harus disepakati dan tidak merugikan perusahaan"elaknya.

Pantauan dilapangan aksi yang dilakukan warga Desa Danau Lancang mendapatkan pengawalan ketat oleh personel Polres Kampar agar tidak terjadi bantrok.

Reporter Kimek Ocu


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar