Daerah

Target PAD Pelelawan Dari Sektor Retribusi Sampah 2015 Rp.192 juta

Gagasanriau.com Pelelawan-Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pelelawan pada awal tahun 2015 ini, meningkat dibandingkan tahun lalu yakni Rp 192 juta .Target ini naik sekitar 400 persen lebih, dimana tahun 2014 lalu ditargetkan Rp 40 juta rupiah, pencapaian ini lebih dari 100 persen.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Tata Kota, Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Pelalawan melalui Kasi Kebersihan dan Persampahan M.Amin kepada Gagasanriau.com ini Jumat (13/02/2015) diruang kerjanya .

Menurut Amin, pihaknya akan terus menggali Wajib Retribusi Sampah (WRS) baru mengingat potensinya masih besar. Sehingga nantinya dapat tercapai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai target tahun 2015 sebesar Rp 192 juta rupiah.

"Kita mengakui target ini sebenarnya sangat berat dimana kendala kita di lapangan dalam pemungutan retrubusi ini sangat sulit karna kurangnya kesadaran masyarakat. Namun kita tetap berusaha untuk mensosialisasikan retribusi ini sesuai dengan Perda no.2 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum,wajib retribusi yakni Rumah makan,toko,kios, lost (jualan harian yang berpindah-pindah),kedai kecil,perumahan dan lainnya"ungkap Amin.

"Capaian PAD ditahun 2014 lalu sekitar 40 juta lebih,kita mengakui retribusi ini berjalan masih di tiga kecamatan yakni Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Ukui, retribusi ini lebih banyak dari daerah Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Ditambahkan oleh Amin lagi, pemasukan retribusi juga dari kelompok masyarakat yang saling bekerjasama dengan RT dan kelurahan melakukan pengutipan sampah dengan retribusi mereka musyawarahkan sendiri seperti di komplek perumahaan.

"Namun yang disetorkan kepada kita retribusi sampah ini sesuai dengan Perda sebesar Rp.6 ribu per satu rumah, itu boleh saja, karena masih banyak masyarakat yang masih enggan membayar retribusi sampahnya."kata Amin.

Reporter Rommel Sirait


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar