Daerah

Resmikan DMIJ di Kempas, Alimuddin Pinta Untuk Saling Bersinergi

Gagasanriau.com Kempas-Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) merupakan Program yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil), dalam upaya memberdayakan masyarakat desa untuk pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan melalui Sekda Inhil Alimuddin RM dalam sabutannya pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pondok Pesantren Al-Muhajirin dan peresmian Program DMIJ serta pelantikan Pengurus BPD se Kecamatan Kempas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Halaman Kantor Desa Bayas Jaya. Senin (16/2/2015).

"Realisasi program yang dulu dikenal dengan Program Desa Mandiri ini, adalah melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat secara terintegrasi, berkualitas dan merata hingga seluruh penjuru Desa," sebut Alimuddin dalam sambutannya.

Pada Program Desa Maju Inhil Jaya ini penyaluran dananya dibagi sesuai dengan tipologi desa dan kemampuan aparatur pemerintahannya dalam pengelolaan dana pembangunan ini.

"Adapun Desa dengan kategori Desa Swadaya dikucurkan dana sebesar 300 juta, Desa Swakarya 500 juta, Desa Swasembada 750 juta dan Desa Mandiri sebesar 1,2 miliar," ungkapnya.

Dengan pembagian kategori, lanjutnya, desa penerima dana Program Desa Maju Inhil Jaya ini, maka dapat dilakukan evaluasi dan penyaluran dana pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan, disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pembangunan di desa tersebut.

"Dalam penyusunan programnya, kita harapkan anggaran diprioritaskan untuk pembangunan jalan poros atau jalan penghubung antar Desa ke Kecamatan, dan agar suksesnya program ini, maka Desa harus bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten, agar terwujudnya azas pemerataan pembangunan," harapnya

Pada kegiatan tersebut tampak hadir Kepala BPMPD, beberapa perwakilan Perwakilan SKPD, Camat, tokoh masyarakat dan alim ulama

Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar