Daerah

Banjir Rob di Inhil, Dinkes Imbau Masyarakat Hindari Kontak Langsung dengan Air

Gagasanriau.com Tembilahan-Beberapa hari belakangan ini, Air Sungai Indragiri kerap meluap hingga menutupi beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Indragiri Hil Khususnya Kota Tembilahan.

Menghindari terjangkitnya bermacam penyakit seperti penyakit kulit dan diare, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhil menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mandi dan bermain air ketika pasang rob melanda.

Hal tersebut disampaikan Kadinkes Inhil, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil, Dr Alvi Furwanti Alwie melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan Dr Saut Pakpahan. Senin (23/2/2015).

Dikatakannya, air pasang yang naik kepermukaan jalan tersebut merupakan air kotor yang mengandung berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti penyakit kulit dan diare.

"Untuk itu, kita berharap warga selalu waspada dan terus menjaga kesehatannya, agar tidak terserang penyakit pada musim air pasang yang sedang melanda Kota Tembilahan saat ini,"kata Saut.

Selain itu, lanjutnya, perubahan cuaca saat ini juga sangat rentan terhadap penyebaran penyakit-penyakit.

"Kami tentu mengharapkan kepada masyarakat yang lingkungannya terendam air pasang agar dapat menghindari bersentuhan lansung dengan air yang menggenangi permukaan jalan, karena disamping untuk menghindari berbagai penyakit yang akan timbul nantinya, juga untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, ungkapnya.

Berikut beberapa ruas jalan di Kota Tembilahan yang tergenang oleh banjir rob, seperti Jalan H Said, Jalan Baharuddin Yusuf, Jalan Arsyad Ahmad, serta Jalan Gunung Daek. Dari pagi hingga petang, jalan-jalan tersebut masih digenangi air luapan Sungai Indragiri, dan menutupi seluruh badan jalan. Kondisi jalan yang tergenang tersebut, banyak dimanfaatkan anak-anak untuk bermain-main air.

Reporter Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar