Daerah

Dinas Kebersihan Pelelawan: "Upah Tenaga Kerja Kebersihan Sesuai Kemampuan Keuangan Daerah

Gagasanriau.com Pelelawan-"Upah tenaga kerja kebersihan ini memang idealnya sesuai dengan UMK Kabupaten Pelalawan, namun inikan di pemerintahan bukan di perusahaan, karena menurut yang saya tahu upah para pekerja ini sesuai dengan kemampuan keuangan daerah"kata Kepala Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kabupaten Pelelawan melalui Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan Restu Mayusri Hadi.M.Eng di ruang kerjanya Kamis (26/02/2015).

Dijelaskan lebih jauh olehnya, pengajuan pihaknya bulan Oktober tahun 2014 yang lalu di Rencana Kerja Anggaran (RKA), untuk anggaran 2015 pihaknya mengajukan sesuai dengan UMK 2014 yaitu 1.700.000.

"Karena pada saat itu belum disahkan UMK 2015, memang kita akui upah untuk tahun ini di DPA nya 1.500.000 sementara UMK tahun 2015 Kabupaten Pelalawan sekitar 1.900.000 lebih upah tenaga kerja kebersihan tahun 2014 Rp.1.450.000 kenaikannya hanya 50 ribu, kami tidak tahu pertimbangannya itu bagaimana"jelas Restu.

"Informasi saya dengar saat ini upah untuk tenaga kerja yang kerjanya di kantor Rp 1.700.000 namun kepastian belum jelas, karena saya belum lihat DPA-nya, namun kalau informasi ini memang benar, maka ini jadi pertanyaan buat kami, apa bedanya anggota kami yang kerja dilapangan dengan yang di kantor"ungkapnya lagi

Menurut Restu lagi, persoalan upah ini juga jadi beban moral selaku atasan para pekerja, apalagi program/target Bupati Kabupaten Pelalawan dapat penghargaan Adipura.

Restu mengatakan juga mengenai aturan yang di pakai untuk perhitungan upah pekerja, apakah undang-undang tenaga kerja atau undang- undang kepegawaian hal itu dirinya tidak bisa menjawab,

Karena dirinya mengaku tidak paham, yang pasti menurut menurutnya lagi idealnya upah para pekerja kebersihan sesuai dengan UMK.

Sementara itu untuk jaminan asuransi untuk para pekerja Restu memaparkan, ada tiga program yaitu Jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. "Untuk jaminan pemeliharaan kesehatan memang belum ada ,namun untuk 2016 akan kita ajukan"tukasnya.

Reporter Rommel


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar