Daerah

Bagan Sinembah Jadi Tuan Rumah Kontes Batu Akik Anak dan Ibu

Gagasanriau.com Bagan Sinembah-Setelah berhasil mencetuskan pagelaran Gemstone GP atau kontes Batu Akik Seribu Kubah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) di Bagan Siapiapi beberapa waktu lalu, H Taryono, kembali akan menggelar kontes serupa yang di pusatkan di Bagan Sinembah.

Akan tetapi, kontes yang akan digelar selambat lambatnya April mendatang, hanya diikuti oleh kaum ibu ibu dan anak anak. "Kalau bapak bapak kan sudah kemarin di Bagan Siapiapi. Jadi, yang sekarang ini kita buat khusus ibu ibu dan anak anak lagi," kata Pria yang akrab disapa Bang Gepeng di Bagan Sinembah, Rabu (11/3).

Menjelang kontes itu digelar, kata Bang Gepeng, dirinya meminta kepada ibu ibu dan anak anak untuk mempersiapkan batu akik seribu kubah andalannya untuk ikut serta dalam pagelaran yang sudah direncanakan. "Kontes itu sengaja kita buka nantinya diperuntukkan bagi yang mau ikut saja, dan kita tidak memaksakan siap saja yang mau ikut," terangnya.

Keutamaan dirinya menggelar kontes keindahan batu alam itu, menurutnya, guna menjadikan nuansa keindahan batu Kabupaten Rohil memiliki nilai jual yang perlu diperhitungkan di kalangan pencinta batu akik. "Disamping itu, kita juga mau menghilangkan nama baru dapat dijalan (Dajjal) yang banyak menyepelekan batu baru biasa yang tidak memiliki nilai jual termasuk di kabupaten kita ini," katanya lagi.

Selain itu sebut pria yang baru saja memenangi kontes batu akik yang di Bagan Siapiapi itu, dirinya juga berkeinginan mewujudkan bahwa batu akik Rohil tidak kalah dengan batu dari daerah luar. "Dan buktinya, juri yang didatangkan dari Indonesia Gemstone Jakarta, menyebutkan rasa salutnya kepada batu akik Rohil asal Tanjung Medan. Jadi, jadi kita siap untuk terus memperkenalkan kekayaan alam di Rohil pada khususnya di Indonesia," tandasnya.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar