Daerah

Arogan! Perusahaan Duta Palma Akan Hadang Pemkab Inhu Saat Cek Keberadaan Lahan

Gagasanriau.com Pekanbaru-Sikap arogansi dan tidak kooperatif sebagai perusahaan yang mengeksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) di daerah ditunjukan oleh pihak manajemen perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Palma Satu group dari PT Duta Palma dimana akan menghambat rencana Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau melakukan pengecekan lahan di atas areal perusahaan itu.

"Kami akan larang jika belum mendapatkan izin dari manajemen perusahaan," kata Humas PT Palma Satu, Riki Damanik di Rengat, Senin (30/3/2015).

Ia mengatakan, Perusahaan tidak akan membiarkan Tim Pemkab Inhu masuk ke areal kebun jika tidak meminta izin kepada manajemennya karena semua itu ada aturan tersendiri yang telah diatur oleh perusahaan.

Persiapan untuk menghalangi belum ada, hanya saja tetap berusaha menegakkan aturan perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman, pada dasarnya PT Palma Satu tidak pernah takut jika Pemkab Inhu melakukan pengecekan lahan karena perusahaannya telah memiliki izin dalam pembukaan perkebunan kelapa sawit dari Pemkab Inhu.

"Selain itu, PT Palma Satu juga tidak pernah berjanji akan memberikan lahan kepada masyarakat," sebutnya.

Menurut dia, perusahaan hingga saat ini tidak pernah membuat perjanjian akan memberi lahan kepada masyarakat, lagi pun kami telah memiliki izin yang diterbitkan Pemkab Inhu.

"Jika ada masyarakat yang mengaku memiliki tanah di atas areal perkebunan PT Palma Satu sebaiknya diselesaikan melalui jalur hukum," ucapnya.

Kepala Dinas Perkebunan Indragiri Hulu Hendrizal mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan pengecekan lahan PT Palma Satu sesuai kesepakatan dengan warga desa Penyaguhan Batang Gansal.

"Pengecekan dilakukan untuk menyesuaikan surat kepemilikan lahan warga yang berada di dalam areal kebun PT Palma Satu," tegasnya.

Tim pengecekan akan bekerja optimal, pengecekan lahan tersebut juga telah disetujui Wakil Bupati Inhu Harman Harmaini melalui Surat Perintah Tugas (SPT) yang sudah ditandatangani.

"Kami akan turun bersama beberapa SKPD terkait," sebut Hendrizal.

Dia menjelaskan, rencana pengecekan tersebut juga akan diberitahukan kepada pihak PT Palma Satu, Pemkab Inhu telah membuat surat pemberitahuan pengecekan areal PT Palma Satu.

Editor Brury MP sumber antara


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar