Daerah

UPTD Puskesmas Balai Jaya Pantau Gangguan Jiwa di Khayangan

Gagasanriau.com Bagan Sinembah-Kepeduliannya terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa di lingkungan kerjanya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Balai Jaya, dr Menti bersama seluruh staf melakukan pemantauan di Dusun Kayangan, Desa Balai Jaya.

Pada pemantauan yang dilakukan, Rabu 15/4, langsung mendatangi pihak keluarga masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Dan pemantauan itu sendiri memang menjadi perogram pengembangan dari pigak Puskesmas Balai Jaya.

"Kegiatan ini kita lakukan berkelanjutan sampai masyarakat yang menderita gangguan jiwa itu kembali sehat seperti semula. Namun apabila kasusnya sudah sangat berat, kita akan merujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru," kata dr Menti kepada wartawan.

Kegiatan yang dilakukan itu dilakukan pihak Puskesmas Balai Jaya tidak lain karena, saat ini banyak penderita yang terdapat di kecamatan baru itu merupakan bekas pemakai narkoba. "Namun, yang kita datangi tadi, memang bukan dikarenakan narkoba, melainkan akibat ekonomi dan lainnya," terangnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak mengesampingkan korban pengaruh narkoba itu. "Meskipun warga itu mengalami gangguan jiwa akibat narkoba, kita juga tidak mengesampingkan mereka. Karena, mereka juga butuh bantuan sama seperti yang lainnya," ujarnya lagi.

Adapun dr Menti meminta warga yang memiliki keluarga yang mengalami hal serupa agar jangan malu dan segan melaporkan hal itu kepada pihak puskesmas terdekat. "Memang terkadang warga merasa malu dan takut melaporkan hal semacam itu ke pihak kami. Akan tetapi, kalau mau sembuh tidak perlu takut, supaya keluarga kita tidak membuat masyarakat resah akan hal itu," imbuhnya.

Reporter Hermansyah Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar