Daerah

Sekda Bengkalis Ajak Masyarakat Wujudkan Rumah Tangga Sakinah

Gagasanriau.com Bengkalis-Bupati Bengkalis diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Burhanuddin MH membuka secara resmi Pelatihan Pembinaan Keluarga Sakinah yang ditaja oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) diikuti oleh 40 orang peserta mewakili tiap-tiap desa di Kecamatan se Kabupaten Bengkalis.

Agenda ini dilaksanakan di gedung daerah selama 4 hari, selain Sekda H Burhanuddin turut hadir staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan para narasumber dan peserta pelatihan dengan pembicara dari Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Pusat Drs H Avid Solichin. MM. dan dari Kementrian Agama Provinsi Riau Prof Dr H Samsul Nizam, MA. serta Drs H. Asyaari Nur ,SH,MM juga Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bengkalis H Sofwan Muhajir S,Ag.

Dalam sambutan Setda menggungkapkan setiap muslim diwajibkan untuk hidup berkeluarga demi menjalankan tuntutan ajaran islam. karena fungsi keluarga sangat berarti dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang. “keluarga, dalam pandangan islam, adalah “labinatul-ulaa” (batu pertama) dalam bangunan masyarakat muslim, dan merupakan surga kecil yang mendatangkan kasih sayang, ketenangan, kedamaian, dan keharmonisan” Ungkap Setda.

Sesuai undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, keluarga sakinah adalah keluarga yang dibina berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi hajat hidup, spritual dan material yang layak, mampu menciptakan suasana cinta kasih sayang (mawaddah, warrahmah) selaras, serasi dan seimbang serta mampu menanamkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, amal soleh dan akhlaqul karimah dalam lingkungan keluarga sesuai ajaran islam.

Keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun keluarga sakinah oleh karena itu menurut fungsinya keluarga mempunyai peran dalam melaksanakan fungsi agama,fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan,fungsi ekonomi, fungsi pemeliharaan dan lingkungan.

“Melalui pendekatan agama diharapkan mampu mengembangkan ilmu tentang Kriteria Keluarga Sakinah, sehingga dapat mewujudkan rumah tangga sakinah mawadah da warohmah“pungkas Burhanuddin.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar