Daerah

Warga Pinta Pemkab Gali dan Kelola Potensi Ekonomi di Rohil

Gagasanriau.com Bagan Sinembah--Sebagai wilayah yang berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), sekaligus menjadi kota yang berbatasan langsung dengan propinsi Sumatera Utara (Sumut), menjadikan berbagai potensi ekonomi bisa digali untuk dikelola. Akan tetapi, sangat disayangkan hingga hari ini belum ada sinyal akan upaya pengelolaan potensi tersebut.

Oleh karenanya, beberapa kalangan sangat berharap agar pemerintah daerah bisa menata beberapa sektor ekonomi yang belum tersentuh agar, visit negeri seribu kubah dan kota saeit ini tentunya dapat bersaing di kalangan investor yang melirik Bagan Batu ini menjadi target usahanya.

"Melihat kota Bagan Batu ini peluang untuk menjadi kota transit sangat memungkinkan, kan bisa dibangun semacam kios-kios yang menjajakan produk-produk asli Rokan Hilir, seperti Batik Cina dan Kacang Pukul dari Bagan Siapiapi, Ikan saleh dari Rimba melintang dan Pujud, terasi dari Pulau Halang, dan batu akik juga.

Kalau itu dikelola dengan baik pasti ekonomi masyarakat bakal membaik dan tidak lagi terlalu bergantung kepada hasil perkebunan yang akhir-akhir tidak menentu harganya, "kata warga Sukarame Bagan Batu, Akbar kepada Gagasanriau.com, Kamis 16/4 di Bagan Batu.

Oleh karenanya kata Akbar, semua pihak terutama sekali pemerintah kecamatan Bagan Sinembah harus pro aktif menyiapkan formula jitu untuk mengelola sektor UMKM yang berpeluang meningkatkan penghasilan,

"Banyak komoditi yang bisa dikelola dan dijual nantinya tinggal keseriusan kita saja mengelolanya, seperti Ruli yang ada di perbatasan kan bisa dialih fungsikan menjadi pusat jajanan dan oleh-oleh khas Rohil asal ditata dengan baik tempat dan lainnya sebagainya, "ujarnya lagi.

Senada juga di sampaikan Kepala Desa Bagan Batu, Drs Mukhtar Waslin. Menurutnya, Bagan Batu memiliki peluang besar untuk jadi pusat perdagangan souvenir dan penganan khas Rohil asal penataannya dan pengelolaannya baik, apalagi kalau ditata seperti di Perbaungan,Sumut.

"Kalau pemerintah yang ikut andil langsung, saya yakin pasti akan berkembang pesat sektor UMKM yang satu ini, karena letak geografis kota Bagan Batu yang merupakan jalan lintas sumatra ini memang benar-benar strategis karena berada di Pintu Masuk Propinsi Riau yang berbatasan langsung dengan propinsi Sumatera Utara tentunya peluang berkembang lebih pesat, asal pemerintah setempat serius menangani ini, " tukasnya.

Reporter Hermansyah Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar