Daerah

Bupati Rohil Ajak Masyarakat Kembangkan Seni dan Budaya Lokal

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Mengenang kebudayaan asli Bangsa Indonesia yang ragamnya bermacam macam, sangat perlu dijaga dan dipupuk supaya pertumbuhannya di zaman modern seperti sekarang ini, semakin berkembang. Akan tetapi, sayangnya budaya itu semakin bertambahnya usia, semakin pulak terkikis sedikit demi sedikit yang kedepannya pasti hilang kalau tidak dikembangkan kembali.

"Maka dari itu, marilah kita sama sama melestarikan kebudayaan kita supaya tidak hilang seiring berjalannya waktu. Karena, seni dan budaya itu adalah suatu hal yang cukup penting dan perlu terus dikembangkan di tengah tengah masyarakat," kata Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Soeyatno Amp kepada gagasanriau.com, Jumat 17/4 di Bagan Siapiapi.

Disebutkannya, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya itu sendiri terbentuk dari banyak unsur termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan dan karya seni, sehingga tak terpisahkan dari diri manusia yang cenderung diwariskan secara turun temurun.

"Seni dan budaya daerah yang tumbuh dan berkembang dikabupaten yang kita cintai ini, juga merupakan aset bangsa yang perlu dilestarikan terutama dalam mencegah terjadinya krisis budaya dan tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan masyarakat," katanya.

Adapun Suyatno mengingatkan akan pentingnya melestarikan dan melaksanakan budaya bangsa tersebut. "Karena melalui nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut, masyarakat akan dapat mencintai pekerjaan yang ditekuninya. Dan selain itu, juga dapat mensyukuri nikmat rezeki yang telah diterima dari Allah SWT," tukasnya.

Reporter Hermansyah Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar