Daerah

Pemkab Inhil Wacanakan Festival Memancing Dunia di Pantai Solop

Gagasanriau.com Tembilahan-Untuk memaksimalkan keberadaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) mewacanakan pelaksanaan Festival Memancing Dunia di Pantai Solop, Kecamatan Mandah.

Rencana ini dalam rangka menghidupkan kembali lokasi wisata Pantai Solop, yang selama ini tidak termanfaatkan secara optimal, baik untuk sumber pendapatan daerah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan, untuk menghidupkan kembali pantai tersebut, maka pihaknya akan membangun jermal-jermal, sehingga bisa digunakan untuk para pemancing.

"Ke depan, kami benar-benar akan memaksimalkan pengelolaan Pantai Solop ini, yang merupakan salah satu tempat wisata di Negeri Seribu Parit," ujar Bupati dalam menyampaikan eksposenya dihadapan anggota DPRD Provinsi Riau dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Inhil, kemarin.

Dijelaskan, dengan pembangunan jermal di daerah tersebut, selain menjadi lokasi bagi para pemancing, juga akan menjadi tempat kunjungan para wisatawan, yang tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga dari luar daerah.

Dengan begitu, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini, diharapkan lokasi wisata Pantai Solop ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan lebih dikenal oleh masyarakat luas, sehingga bisa memberikan dampak yang tidak hanya bagi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi juga peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Jadi, nanti kita bikin festival mancing dunia di Pantai Solop itu," tambahnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Inhil, Rudiansyah juga membenarkan adanya wacana menghidupkan kembali keberadaan Pantai Solop.

"Tapi itu semua tentu saja membutuhkan waktu.Diperkirakan baru bisa terealisasi pada tahun 2016 nanti," terangnya.

Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar