Daerah

Hadapi Karhutla, Pemkab Rohil Segera Bentuk MPA

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Menghadapi musim panas, dimana kebakaran hutan dan lahan mengancam Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bertindak dengan membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA). Karena kerusakan lingkungan yang cukup parah disertai musim panas yang tinggi menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Demikian disampaikan oleh Wira Suta, Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan, Badan Pengendalian Dampak Lingungan, Selasa (13/1/15) usai sholat zuhur, pada salah satu masjid di kawasan perkantoran pemda, Batu Enam.

Karhutla diprediksi Wira untuk tahun ini di Rokan Hilir akan tetap terjadi, mengingat kerusakan lingkungan cukup parah, ditambah cuaca ekstrim. "Siang kemaren saja, panasnya sangat terik," katanya menggambarkan keadaan.

Oleh sebab itu, tahun ini, Pemkab Rohil melalui Bapedal setempat katanya akan kembali membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) untuk Kecamatan Kubu dan sekitarnya.

Bahkan, akan dilaksanakan pula secara bersamaan dalam bentuk jambore, ada simulasi pemadaman karhutla, sampai perlombaan. Dengan bentuk jambore tersebut, diharapkannya, kewaspadaan terhadap karhutla akan lebih dimantapkan.

Kegiatan tersebut diprediksinya sudah bisa digelar pada awal tahun, sebelum terjadi karhutla, karena berbagai proses mulai dipercepat untuk tahun ini.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar