Daerah

Lindungi Generasi Muda, Pemkab Rohil Perketat Jajanan di Lingkungan Sekolah

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Untuk melindungi generasi muda dari jajanan yang tidak sehat serta dapat merusak kesehatan kedepannya, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memperketat pengawasan dan menghimbau kepada orang tua agar mengawasi konsumsi jajanan anaknya. Tidak tangung-tanggung untuk menegaskan perlindungan kepada generasi mudanya Bupati Rohil H. Suyatno AMP membuatkan Surat Keputusan (SK) nya dan bekerjasama dengan Pemerintah Pusat.

Hal ini dikatakan Bupati Rohil Suyatno melalui Asisten Ekonomi Pembangunan Hasrial, Sabtu (17/1/15) saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Al Asasiyyah, Bagansiapiapi.

Jajanan yang beredar di sejumlah sekolah di Rokan Hilir saat ini menurut Hasrial dan sudah dinikmati murid-murid, ada indikasi mengandung bahan yang melemahkan otak, sehingga murid menjadi tidak cerdas.

“Bekerja sama dengan Pendidikan (Dinas Pendidikan, red), yang tidak memenuhi syarat kesehatan, yang melemahkan otak, itu dimakan oleh anak-anak kita ini,” ungkapnya prihatin, yang pernah menjabat Kepala Badan Ketahanan Pangan.

Bahkan Hasrial meragukan kehalalalnya, karena proses pemotongan tak Islami dan sudah ada peringatan dari MUI Pusat, bagi yang beragama Islam. “Tidak disembelih, hidup-hidup, masuk semua,” katanya.

Di samping proses penyembelihan tidak Islami, pengawet yang ada pada daging jajanan tersebut bisa menyebabkan penyakit kanker. Sehingga ia memerintahkan kepada guru untuk menanyakan asal usul makanan yang dijual sejumlah gerobak, lihat sanitasi, kesehatannya, kalau tidak sesuai, silakan usir saja.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar