Daerah

Gali Potensi Daerah, BPP Rohil Programkan Pendataan Kawasan Perbatasan

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Untuk menggali potesni daerah, serta mendeteksi segala kekurangan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, Badan Pengelola Perbatasan (BPP) setempat di tahun 2015 ini akan melakukan program pendataan kawasan perbatasan. Pendataan meliputi potensi, infrastruktur dan kemungkinan kerja sama antar negara.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris BPP, Dedi Rustiadi, di Bagansiapiapi, Selasa (20/1/15), yang secara berangsur, pihaknya terus berupaya untuk memajukan kawasan perbatasan.

Untuk potensi, menurut Dedi, saat ini banyak potensi yang ada dikawasan perbatasan yang perlu dikembangkan, sehingga potensi ini bisa menjadi lokomotif perekonomian masyarakat sekitar.

Sedangkan infrastruktur, didata kebutuhan masyarakat, sampai kepada infrastruktur pendidikan, lalu pihaknya akan berkoordinasi dengan SKPD yang menanganinya. “Kita semacam Bappeda, kawasan perbatasan lah,” tambahnya.

Selanjutnya, pendataan katanya juga tidak tertutup kemungkinan peluang kerjasama dengan negara lain, salah satunya berupaya mendatangkan investor.

Kawasan dimaksud dicontohkan Dedi, di Sinaboi, bisa dijadikan Kawasan Industri Terpadu (KIT), ada pabrik, pelabuhan serta yang lainnya.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar