Daerah

Instiawati Ayus Tampung Aspirasi Pemkab Bengkalis

Gagasanriau.com Bengkalis-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Instiawati Ayus SH, MH lakukan kunjungan kerja ke kabupaten Bengkalis pada senin pagi (20/4/2015). Kunjungan kerja ini disambut langsung oleh staf ahli Bidang politik dan hukum Umi Kalsum dan sejumlah kepala dinas dan kepala bagian di ruang lingkup pemkab Bengkalis.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ini, pemkab Bengkalis melakukan ekspos mengenai penerapan undang-undang desa dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui beberapa program unggulan seperti alokasi dana desa, usaha ekonomi desa dan kelurahan simpan pinjam, dan program penguatan infrastruktur perdesaan.

Dalam melaksanakan UU tersebut pemkab Bengkalis telah mengucurkan dana sebanyak 385 milyar rupiah, sejak tahun 2012 hingga 2015, untuk program penguatan infrastruktur desa, di 135 desa se kabupaten Bengkalis. Pemkab Bengkalis juga mengucurkan dana sebesar 776 milyar rupiah lebih, untuk program alokasi dana desa, untuk 135 desa sepanjang 2011-2015, dan mengucurkan dana sebanyak 558 milyar rupiah, untuk program usaha ekonomi desa simpan pinjam.

Selain itu, Pemkab Bengkalis, juga mengucurkan dana sebesar 168 milyar, untuk membangun Rumah Layak Huni (RLH) bagi warga miskin, se Kabupaten Bengkalis, dari tahun 2011 hingga 2015, dengan total rumah layak huni yang disiapkan sebanyak 3.000 unit, serta pembangunan pamsimas atau penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, dengan dukungan dana sebesar 26 milyar.

Pada kunjungan kerja Insttiawati juga menjelaskan beberapa aspek permasalahan penting di kabupaten Bengkalis disamping impmentasi UU Desa yakni masalah pemekaran mandau-pinggir sebagai daerah otonomi baru, penyelesaian masalah buruh vendor chevron dan pengawasan kesiapan daerah dalam pelaksanaan pilkada.

“kita tampung segala aspirasi dan permasalahan di Kabupaten Bengkalis, dan nantinya akan dibahas dan akan dikomunikasikan langsung dengan mentri terkait” pungkas Instiawati.

Reporter Mirzal Apriliando Editor


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar