Daerah

Setelah Dikenalkan Bupati Inhil, Batu Tembulun Ruso Dilirik Pencinta Batu Akik

Gagasanriau.com Tembilahan-Batu Akik Tembulun Ruso ciri khas Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir, terus menjadi sorotan di kalangan pencinta batu akik karena keindahan dan corak yang menarik.

Hal ini terungkap ketika sambutan bupati Inhil pada pelantikan camat Kemuning, Rabu (22/4/2015). Bupati inhil mengatakan bahwa, ketika batu yang ditemukan oleh masyarakat Kemuning itu diberi nama Tembulun Ruso dan terekspos oleh media, banyak rekannya yang berniat memesan batu ini karena keindahan dan ciri coraknya yang menarik.

"Melihat antusias tersebut, saya yakin batu Tembulun Ruso ini dapat menjadi sesuatu yang menarik perhatian halayak ramai khususnya pencinta batu akik yang sedang mendunia," terangnya.

Untuk itu pihaknya serius untuk mengali potensi alam yaitu Batu Tembulun Ruso yang terdapat di Kecamatan Kemuning tepatnya di Desa Batu Ampar yang memiliki keindahan alam sangat luar biasa.

Dan untuk mendapatkan Batu Tembulun Ruso itu bisa dibilang sulit, hal ini diungkapkan Kepala Desa Batu Ampar Mahroni, Rabu (22/4/2015).

"Akses jalan yang tidak bisa ditempuh dengan mengunakan kendaraan, yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan, " ujar Mahroni.

Jadi bisa dibilang batu ini susah di dapat karena akses jalan yang masih terisolir, tapi masyarakat setempat sudah mencoba untuk mencari batu Jilatan Ruso yang telah dipatenkan oleh Bupati Inhil dengan nama Tembulun Ruso agar dapat ditemukan dengan skala besar.

Untuk diketahui, bahwa ditempat ditemukannya batu Tembulun Ruso ini terdapat sebuah air terjun dengan keindahan alam yang luar biasa serta memiliki air yang jernih dan menjadi tempat minumnya binatang rusa.

Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar