Daerah

Posyandu Harus Giat Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

Gagasanriau.com Duri- Rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terkait kesehatan akan berdampak pada kurangnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Romaini meminta semua kader Posyandu yang ada di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, mengarahkan dan memberikan petunjuk pada masyarakat tentang pola hidup sehat.

"Jika semua kader Posyansi mensosialisasikan pola hidup sehat, maka akan semakin banyak lagi masyarakat yang sehat," ujar Romaini usai membuka dan mengikuti lomba Senam Sehat Riau (SSR) bersama Lansia di Duri, Kecamatan Mandau, Minggu (26/4) pagi.

Lomba SSR yang ditaja sempena peringatan Hari Kartini 2015 dan diikuti sekitar 40 peserta yang umumnya berusia di atas 60 tahun serta ratusan ibu-ibu itu, dipusatkan di halaman Kantor Camat Mandau.

Dikatakan Romaini, mengatakan, pola perilaku sehat menyumbangkan 35 persen pengaruh kesehatan masyarakat. Sedangkan 20 persen dari layanan kesehatan, 5 persen dari antisipasi penyakit turunan, dan 40 persen sisanya bergantung pada lingkungan yang sehat.

Romaini berharap pendamping kader Posyandu bisa lebih meningkatkan sosialisasi tentang pola hidup sehat. Juga membantu masyarakat menerapkannya di lingkungan masing-masing.

“Sosialisasi tentang hidup sehat tak hanya harus dilakukan kepada ibu-ibu rumah tangga. Tetapi juga pada para kepala keluarga, sehingga informasi kesehatan akan tersebar rata. Diketahui dan dipahami serta diterapkan seluruh lapisan masyarakat secara baik,” jelas Romaini.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar