Daerah

Herliyan Saleh Hadiri Rakor Kepsek Se Kabupaten Bengkalis

Gagasanriau.com Bengkalis - Di setiap organisasi posisi dan peran seorang pimpinan selalu sangat sentral. Maju dan mundurnya organisasi, sangat tergantung pada sejauh mana pimpinan mampu melaksanakan upaya-upaya memajukan organisasinya tersebut.

Begitu juga dalam konteks sekolah sebagai organisasi. Sebagai seorang pemimpin, maka posisi Kepala Sekolah (Kepsek) sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya.

“Bila kualitas pendidikan di suatu sekolah belum baik, maka dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebabnya kualitas kepemimpinan Kepsek juga belum baik,” tegas Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Herliyan mengatakan itu ketika memberikan sambutan saat pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah se-Kabupaten Sekolah Tahun 2015 di Gedung Kesenian Cikpuan Bengkalis, Senin (27/4).

Katanya, Kepsek bertanggung jawab dan mempunyai kewajiban untuk berusaha agar semua potensi yang ada di sekolahnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

“Menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendorong sumber daya sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah,” terang Herliyan.

Untuk itu, imbuh Herliyan, Kepsek harus mampu memobilisasi sumber daya sekolah. Baik itu dalam kaitannya dengan perencanaan dan evaluasi program, pengembangan kurikulum, pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, sarana dan sumber belajar, keuangan, pelayanan siswa, hubungan dengan masyarakat, dan penciptaan iklim sekolah.

“Dengan demikian dapat dipahami bahwa peran Kepsek sebagai leader, harus memiliki beberapa kemampuan. Baik dari segi kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, keputusan dan berkomunikasi,” ujar Herliyan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis H Herman Sani menjelaskan, rapat yang diikuti Kepsek Negeri dan Swasta itu diikuti Kepsek Taman Kanak-Kanak (60 orang), SD (335), SMP (95), SMA/SMK (68), serta kepada UPTD dan Pengawas Pendidikan dari 8 kecamatan itu, berlangsung hingga Rabu (29/4).

“Tujuannya agar terciptanya sinergisitas dan pemahaman bersama antara Kepsek dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Bengkalis,” jelas Herman Sani.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar