Daerah

Kualitas Kepala Sekolah Tentukan Kemajuan Suatu Sekolah

Gagasanriau.com Bengkalis– Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menjelaskan, Kepala Sekolah (Kepsek) menjadi salah satu faktor penentu berkualitas tidaknya lembaga pendidikan yang dipimpinnya.

“Agar sekolah yang dipimpinnya berkualitas, maka seorang kepala sekolah harus dapat melaksanakan seluruh peran yang harus dilaksanakannya dengan baik. Ada tujuh peran yang harus dilakukan seorang Kepsek untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya,” kata Bupati.

Herliyan mengatakan itu ketika memberikan sambutan saat pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah se-Kabupaten Sekolah Tahun 2015 di Gedung Kesenian Cikpuan Bengkalis, Senin (27/4).

Ketujuh peran itu, imbuhnya, sebagai pendidik atau edukator, manajer, administrator, supervisor, leader , innovator dan motivator.

Masih kata Herliyan, untuk menjalankan peran-peran dimaksud dengan baik, selain memiliki kemampuan, baik itu dari segi kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, keputusan dan berkomunikasi, seorang Kepsek juga harus memiliki lima keterampilan.

“Kelima keterampilan tersebut, yaitu cultural flexibility, communication skills, human resources development skills, creativity, dan self management of learning,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis H Herman Sani menjelaskan, rapat yang diikuti Kepsek Negeri dan Swasta itu diikuti Kepsek Taman Kanak-Kanak (60 orang), SD (335), SMP (95), SMA/SMK (68), serta kepada UPTD dan Pengawas Pendidikan dari 8 kecamatan itu, berlangsung hingga Rabu (29/4).

“Tujuannya agar terciptanya sinergisitas dan pemahaman bersama antara Kepsek dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Bengkalis,” ujar Herman Sani.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar