Daerah

Tiga Pokok Utama Tugas Kepala Sekolah

Gagasanriau.com Bengkalis – Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengatakan, tugas seorang Kepala Sekolah (Kepsek) secara garis besar dapat dikelompokan menjadi tiga. Yaitu administrasi material, administrasi personel dan administrasi kurikulum.

Bupati mengatakan itu ketika memberikan sambutan saat pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah se-Kabupaten Sekolah Tahun 2015 di Gedung Kesenian Cikpuan Bengkalis, Senin (27/4).

Administrasi material, terang Herliyan, meliputi bidang-bidang material sekolah, seperti ketatausahaan sekolah, keuangan, perlengkapan, dan lain-lain.

Sedangkan administrasi personil, paparnya, mencakup administrasi keguruan, kemuridan, dan pegawai sekolah lainnya.

Sementara administrasi kurikulum adalah administrasi yang mencakup penyusunan, pembinaan dan pelaksanaan kurikulum.

Sebagai pemimpin yang ditugasi mengelola manajemen sebuah lembaga pendidikan, seorang Kepsek dikatakan berhasil apabila dapat mengarahkan ketiga administratif pendidikan tersebut untuk pengembangan aktifitas pengajaran dan belajar siswa dengan baik.

“Arahnya tentu harus berkorelasi positif dengan peningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya,” ujar Herliyan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis H Herman Sani menjelaskan, rapat yang diikuti Kepsek Negeri dan Swasta itu diikuti Kepsek Taman Kanak-Kanak (60 orang), SD (335), SMP (95) dan SMP (95), SMA/SMK (68), serta kepada UPTD dan Pengawas Pendidikan dari 8 kecamatan itu, berlangsung hingga Rabu (29/4).

“Tujuannya agar terciptanya sinergisitas dan pemahaman bersama antara Kepsek dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Bengkalis,” kata Herman Sani.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar