Daerah

Muspida Rohil Meminta Nilai Nilai Pancasila Kembali di Aktifkan

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi--Tindak kejahatan terorisme oleh kelompok-kelompok radikal menjadi masalah keamanan laten pada level global. Indonesia sebagai negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia dan potensi geopolitik yang strategis, tak luput pula dengan permasalahan ini.

Sebagai respon atas hal ini, Muspida Rokan Hilir (Rohil), mendukung Pemerintah Pusat kembali mengaplikasikan Nilai-Nilai Pancasila yang kini sudah luntur dikalangan masyarakat dan kalangan anak anak dan remaja tentunya.

Bupati Rohil, H Suyatno Amp mengatakan, penghayatan nilai nilai Pancasila perlu dibumikan kembali dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Warga negara dan aparat penegak hukum harus bersama sama konsisten dengan komitmen guna menjaga keutuhan nasional dan ketahanan bangsa dan Negara Indonesia.

Dikatakannya, pihaknya siap untuk meminta kepada dinas terkait untuk melakukan sosialisasi akan pentingnya pancasila di tengah tengah masyarakat. "Namun yang paling kita targetkan itu adalah, anak anak sekolah yang beberapa tahun terakhir ini memang sudah hilang tata kramanya atau sifat positifnya. Salah satunya yang dapat dilaksanakan dengan menyosialisasikan secara benar akan hal itu, dan pemahaman tentang radikalisme di tengah masyarakat tentunya," ujarnya.

Kapolres Rohil, AKBP Subiantoro SH Sik mengatakan pengefektifan program radikal dan deradikalisasi agar kepada semua yang hadir untuk sama-sama mengantisipasi paham-paham radikal yang dapat memecah belah persatuan dan pertentangan dalam masyarakat.

"Kepolisian sangat berharap peran aktif dari masyarakat untuk menginformasikan segala hal yang berhubungan dengan radikalisme agar dapat segera diantisipasi. Untuk itu, pengajaran nilai pancasila sehak dini kepada anak anak atau generasi muda kita sangat juga diharapkan dilakukan oleh semua orang tua," ungkap pria yang baru beberapa bulan bertugas namun sudah banyak kasus yang sudah di selesaikan.

Humas/Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar