Daerah

Bengkalis Kirim 154 Pelajar SMK ke Luar Daerah

Gagasanriau.com Bengkalis– Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengirimkan 154 pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dari seluruh kecamatan, untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan kompetensi di sejumlah pusat lembaga pendidikan.

Pengiriman 154 pelajar SMK ini dilepas langsung oleh Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabuapten Bengkalis yang dipusatkan lapangan Sepakbola Pokok Jengkok, Kota Duri, Kecamatan Mandau, Senin (2/5/2015).

Dikatakan Herliyan, tujuan pengiriman pelajar SMK di sejumlah lembaga pendidikan dan pengembangan yang ada sejumlah kota besar di Indonesia, sebagai upaya untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Terlebih, keberadaan pelajar SMK ini ditempa agar menjadi tenaga kerja yang terampil dan mempunyai keahlian (skill) khusus.

Apalagi, kata Herliyan, mulai tahun 2015 ini, negara-negara Asean akan menghadapi kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang ditandai dengan bebasnya arus barang dan jasa, serta arus tenaga kerja. Untuk menghadapi persaingan global tersebut, maka harus dipersiapkan SDM yang berkualitas.

“Makanya, untuk mempersiapkan SDM yang handal, salah satu program prioritas kita dalam pembangunan sektor pendidikan, adalah membangun SMK di seluruh kecamatan. Diharapkan, semakin banyak lulusan SMK di Kabupaten Bengkalis, maka akan semakin banyak SDM yang berkualitas,” ungkap Herliyan.

Para pelajar yang akan dikirim ke luar daerah ini, merupakan siswa kelas dua di kelasnya, sebelumnya telah mengikuti seleksi ketat di sekolah masing-masing. Untuk Diklat pelayaran dikirim sebanyak 52 pelajar SMKN 1 Bukit Batu ke Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Dirjen Perhubungan Laut di Tangerang, Provinsi Banten. Selama di lembaga BP2IP Tangerang, para pelajar akan ditempa menjadi pelaut ulung di perairan nusantara dan dunia.

Sebanyak 20 pelajar yang berasal dari dari SMKN Rupat, Rupat Utara, Siak Kecil, Pinggir dan SMKN Bantan, mengikuti Diklat Pertanian di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Pertanian Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Keberadaan P4TK ini merupakan lembaga dibawah Kementerian Pendidikan yang melatih para siswa SMK Pertanian di Indonesia.

Untuk Diklat komputer dan jaringan, Pemkab Bengkalis mengirim 20 pelajar dari seluruh SMK di daerah ini, untuk menimba ilmu di CESCO Jakarta. Cesco merupakan lembaga yang mengeluarkan sertifikat komputer dan jaringan Indonesia. Diklat Pariwisata dan perhotelan, dikirim sebanyak 20 siswa SMKN 2 Rupat Utara ke Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Yogyakarta.

Diklat Pengelasan bekerja sama dengan PT Duta Utama Jaya Batam, sebagai lembaga yang mengeluarkan sertifikasi yang diakui oleh Inggris. Jumlah pelajar yang akan dikirim sebanyak 20 pelajar dari SMKN 3 Bengkalis, SMKN 1 Bukit Batu, SMKN 1 Mandau dan SMKN 3 Mandau serta SMKN Negeri Pinggir.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar