Daerah

Riau Terpilih Sebagai Tempat Tujuan Wisata Berbasis Syariah

Gagasanriau.com Pekanbaru- Pariwisata Riau mungkin memang tak terlalu dikenal masyarakat diluar sumatera jika dibandingkan dengan Provinsi tetangga, Sumatera Barat. Namun saat ini, Riau boleh berbangga diri, pasalnya sebagai provinsi yang terkenal kental adat istiadatnya, Riau dipercaya sebagai tempat tujuan Wisata berbasis Syariah.

Menanggapi rekomendasi Pemerintah Pusta tersebut, Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif Provinsi Riau saat ini mulai berbenah diri.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah stake holder. Antara lain, pengusaha hotel, restoran, LPPOM MUI dan lembaga lainnya. Untuk LPPOM MUI ini, kita bekerjasama dalam bidang sertifikasi halal dengan barcode quick response (QR). Artinya, setiap pengusaha restoran akan mudah dikontrol sertifikasi halalnya,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Dikatakan, Riau sanggat mengapresiasi rekomendasi Pemerintah Pusat tersebut. Ia mengatakan, nantinya setiap hotel diharuskan menyediakan musholla, sajadah, Al-quran, arah kiblat. Semua syarat tersebut untuk memudahkan wisatawan dalam menjalankan ibadah. “Kemudian, hotel hanya menyediakan spa yang halal,” tegasnya.

Fahmi optimis, apabila semua program yang telah dicanangkan pemerintah pusat itu akan terlaksana dengan baik.

"Sehingga, Riau ini benar-benar menjadi salah satu daerah favorit tujuan wisata berbasis syariah,"tuturnya.

Reporter Dian Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar