Daerah

Pemkab Bengkalis Siap Atasi Permasalahan Tapal Batas

Gagasanriau.com Bengkalis – Bupati Herliyan Saleh mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015. Termasuk penyelesaian masalah konfilik tapal batas.

“Apapun persoalan yang diperkirakan yang dapat menghambat suksesnya pelaksanan Pilkada serentak di Kabupaten Bengkalis, kita akan mencarikan solusi terbaik untuk penyelesaiannya, termasuk pemilihan di daerah perbatasan,” ujar Herliyan Saleh.

Bupati mengatakan itu usai mengikuti Rapat Koordinasi di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah, Pekanbaru, Senin (11/5/2015). Rapat yang mengambil tema Penguatan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Konsolidasi Persiapan Pilkada Serentak di Provinsi Riau Tahun 2015 di buka Plt Gubernur Riau,H Arsyadjuliandi Rachman dan dihadiri bupati/walikota se-Provinsi Riau.

Menurut informasi potensi kerawanan terjadinya konflik perbatasan terkait dengan pelaksanaan Pilkada, antara Kabupaten Bengkalis dengan Kabupaten Siak Kota Dumai dan Rokan Hilir di sejumlah kecamatan. “Potensi itu memang ada, namun sejauh ini berdasarkan pengalaman pilkada sebelumnya, tidak sampai menimbulkan persoalan yang dapat menghambat suksesnya pilkada,” ujar Herliyan.

Kesiapan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkalis priode 2016-2021, telah mengalokasikan anggaran pada APBD tahun 2015. Untuk operasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penanggungjawab Pilkada Tahun 2015 sebesar Rp 33 miliar.

Panitia Pengawas Pemilu selaku penanggungjawab pengawasan sebesar Rp. 14,368 miliar. Sedangkan untuk program kegiatan pendukung lainnya sebesar Rp 1,5 miliar. Dana tersebut belum termasuk alokasi dana untuk pengamanan yang jumlahnya juga konon milyaran rupiah.

Dukungan lain yang telah dilakukan Pemkab Bengkalis jelang pelaksanaan Pilkada 2015 ini, berupa dukungan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Permilihan Suara (PPS). Melalui surat Bupati Bengkalis Nomor 100/Tapem/245 tanggal 16 April 2015 yang ditujukan kepada camat se-Kabupaten Bengkalis.

“Juga dukungan aparatur (PNS) untuk ditempatkan di Sekretariat KPU kabupaten, Sekretariat Panwas Kabupaten, Sekretariat PPK di setiap kecamatan dalam mendukung kegiatan operasional penyelenggaraan Pilkada Tahun 2015,” ungkap Herliyan.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga akan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat di delapan kecamatan. Terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pendidikan maupun pemilih pemula. Kemudian pemasang spanduk, baliho, bilborad dan poster tentang Pilkada

Sementara berdasarkan data yang dihimpun dari Bagian Tapem Setda Bengkalis, penduduk Kabupaten Bengkalis sebanyak 522.431 jiwa dan jumlah pemilih berdasarkan hasil pendataan pemilih dan pendataan penduduk berkelanjutan (P4B) tahun 2015 adalah 419.981 jiwa. Sedangkan jumlah TPS mencapai 1.187 yang tersebar pada 156 desa/kelurahan.

Reporter Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar