Daerah

Pulau Basu Inhil Selain Jadi Areal Konservasi, Juga Akan Dijadikan Tempat Wisata

Gagasanriau.com Tembilahan - Selain dijadikan tempat konservasi bagi untuk penyelamatan lingkungan yang rusak, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan juga berwacana membuat Pulau Basu yang berada di Kecamatan Concong, sebagai tempat wisata di Negeri Sri Gemilang ini.

"Kawasan tersebut akan kita kembangkan dan saat ini kita tengah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan,"sebut Wardan. Dan untuk menguatkan secara hukum dan tata kelola, kawasan tersebut akan dijadikan Taman Hutan Raya (Tahura) maka disebutkan oleh Wardan, Kabupaten Inhil memiliki hak penuh terhadap wilayah itu.

"Yang jelas saat ini kita tengah mempersiapkan persyaratan untuk itu dan kita juga akan merancang lebih baiki lagi untuk Pulau Basu," terangnya.

Dan, lanjut Mantan Kadisdik Provinsi Riau ini, pihaknya untuk mewujudkan visi tersebut, akan berusaha untuk mendapatkan anggaran atau bantuan dari APBN dan APBD Riau.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, kawasan tersebut selain terdapat hutan bakau, pantai lumpur danau air hitam, burung migran musiman dari Australia juga terdapat hewan yang terancam punah dan tumbuhan langka. "Disana juga terdapat Bangau Putih Susu yang hampir punah dan bunga Kantung Semar yang langka,"pungkasnya.

Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar