Daerah

Dorong Pembangunan, Plt Gubri Harap Semua Pihak Kompak

Gagasanriau.com Pekanbaru - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman minta seluruh stake holder bersama-sama mendorong, untuk mendongkrak kemajuan pariwisata di Riau.Menurut Andi begitu dia biasa disapa tanpa adanya sinergitas dari stake holder, mustahil kemajuan bisa tercapai.

Karena itu, sangat dibutuhkan koordinasi berkelanjutan antara instansi satu dengan yang lainnya dalam menciptakan destinasi wisata yang handal.

"Berbicara wisata, juga berbicara infrastruktur. Seperti Siak, antara pelabuhan dan transportasi juga tak bisa dipisahkan. Jadi semua harus saling bersinergi," kata Plt Gubri.

Dikatakan, saat membicarakan kemajuan pariwisata mustahil bisa berjalan tanpa pernah melibatkan sektor lainnya. Sebagai aplikasinya, seluruh jajaran terkait dalam rangka memajukan pariwisata yang berasal dari kabupaten/kota dan provinsi, diundang duduk bersama membahas pariwisata di Riau.

“Diantaranya, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Disperindag, Balitbang, Dinas Koperasi, Diskominfo,Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air,” ungkap Plt Gubri.

Selain itu, Bupati Siak Syamsur yang daerahnya dicanangkan sebagai heritage (Kota Bersejarah) juga langsung hadir pada kesempatan tersebut.Masih papar Andi, seluruh destinasi potensi wisata khususnya melalui dinas terkait harus bisa menginventarisir apa saja yang menjadi kendala dalam kemajuan wisata disuatu daerah.

Jika memang persoalan infrastruktur jalan, harus cepat dikoordinasikan dengan instansi terkait lainnya.Begitu juga nantinya jika memang sudah terbuka, harus ada pemikiran pengemasan serta pengembangan berupa objek pendukung. Disinilah peran Balitbang untuk menggali potensi yang sudah menjadi lebih menarik.

"Contoh Balitbang kenapa diajak, tujuannya untuk menggali atau meriset potensi daerah. Misalnya dari segi makanan bagaimana kemasannya. Begitu juga koperasi, bisa berperan menjadi koperasi rakyat sehingga masyarakat tempatan bisa diberdayakan termasuk juga home stay," papar Andi.

Ia memastikan pembangunan infrastruktur jalan menuju destinasi wisata Bono di Teluk Meranti Pelalawan dan Candi Muara Takus di IIIX Koto Kampar akan dibangun tahun ini, melalui APBD-Perubahan.

Reporter Dians Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar