Daerah

Bupati Rohil Sediakan Lahan Kepada TNI Untuk Program Swasembada Ketahanan Pangan

Gagasanriau.com Bagan Sinembah--Kedatangan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayor Jendral (Mayjend) Edy Rahmayadi, ke wilayah kepemimpinannya, dalam rangka untuk melakukan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintahan dan elemen Masyarakat Rokan Hilir (Rohil), disambut baik oleh Bupati Rohil, H Soeyatno Amp.

Demikian hal itu diungkapkannya ketika memberikan kata sambutan di acara yang berlangsung di Suzuya Hotel Bagan Batu, Jumat 29/5 di Bagan Sinembah, sekaligus menghadiri pelantikan Ketua MPC PP Kabupaten Rohil, Taem Pratama. "Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Pangdam yang telah meringankan langkahnya untuk melakukan acara temu ramah diwilayah kita ini," kata Bupati.

Menurutnya, kedatangan Pangdam itu merupakan gal yang sangat istimewa dan melakukan komunikasi dan memperkenalkan diri kepada masyarakat Rohil yang kemudian menjelaskan history dari terbentuknya kabupaten yang berjuluk Negeri Seribu Kubah itu hingga sampai sekarang pertumbuhan penduduknya sudah semakin pesat.

Selain itu, Soeyatno juga mengungkapkan kalau Pemkab Rohil telah menyediakan tanah yang dikhususkan untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). "Yang mana tanah itu nantinya akan dikelolah oleh TNI, sekaligus memberikan percontohan kepada masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan yang diprogramkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Dalam pemaparannya itu, Bupati juga menyebutkan daerah daerah mana saja yang kini akan menjadi lumbung beras di Kabupaten Rohil, seperti Rimba Melintang, Bagan Sinembah Raya, Pekaitan, Kubu, dan Rantau Kopar. Sehingga nantinya, TNI mengetahui bagaimana cara mereka untuk mewujudkan sawasembada beras itu.

"Diwilayah Rohil ini terdiri dari 18 kecamatan. Namun, dari ke 18 kecamatan itu, hanya beberapa kecamatan saja yang bisa dijadikan lumbung pangan. Sementara yang lainnya, memang semua bisa, namun tidak bisa mengalahkan potensi kecamatan yang disebutkan tadi itu," jelasnya.

Kendati sudah menjelaskan, dirinya sangat mengahrapkan dengan digelarnya Komsos diwilayahnya itu oleh Pangdam I Bukit Barisan, dapat secepatnya program swasembada ketahanan pangan terlaksana.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar