Daerah

Alfamart dan Indomaret Tidak Tulus Bantu UKM di Pekanbaru

Gagasanriau.com Pekanbaru - Duo ritel besar yakni Indomaret dan Alfamart ditengarai tidak tulus membantu Usaha Kecil Menegah (UKM) Industri Kecil Menengah (IKM) untuk berkembang meskipun oleh Firdaus MT sebagai Walikota Pekanbaru mewajibkan membantu usaha kecil dimana tempat usahanya berjalan.

Seperti yang disampaikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru dilansir dari halloriau, Jumat (29/5/2015), menyatakan peran dua ritel yang pertumbuhannya sangat pesat di kota Pekanbaru yakni Indomaret dan Alfamart terhadap perkembangan Industri kecil dan menengah (IKM) dan usaha kecil dan menengah (UKM) di kota Pekanbaru sangat minim.

Pasalnya kedua ritel tersebut tidak menyediakan tempat untuk perkembangan industri-industri kecil di kota Pekanbaru. Jikapun ada IKM tersebut mesti menyiapkan dana sebesar Rp 3 juta terlebih dahulu baru diberikan tempat. Tidak sampai disitu saja, jika produk yang di jual IKM tersebut tidak laku maka stan mereka akan ditutup.

"Ini sangat berat bagi IKM dan UKM, bagaimana mereka bisa berkembang jika tempat untuk mereka berkembang sulit di dapat," ujar Kepala Bidang Kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Pekanbaru Hamdani, Jumat (29/5/2015).

"Selain itu kita juga melakukan kerja sama dengan pengusaha-pengusaha yang ada di kota Pekanbaru, sehingga mereka memberikan tempat untuk IKM dan UKM kota Pekanbaru," jelasnya.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar