Daerah

Cegah Karhutla, Polisi di Inhil Patroli Menggunakan Motor Pompong

Gagasanriau.com Tembilahan - Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Bhabinkamtibmas Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil berinisiatif untuk membuat motor pompong untuk berpatroli diwilayahnya yang merupakan suatu wilayah prairan.

Ia melakukan himbauan-himbauan kepada seluruh masyarakat tempatan yang mayoritas bertempat tinggal di tepian sungai dengan berdiri diatas motor pompongnya dan dengan alat pengeras suara.

"Kata saya patroli bersama kades dan beberapa anggota satpol pp," sebut Bripka Suryawan Fadlin SE kepada Gagasanriau.com. Sabtu (30/5/2015).

Iwan (panggilan akrabnya, red) mengatakan bahwa ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia yang melakukan himbauan untuk mencegah karhutla diatas motor pompong.

"Belum pernah hal semacam ini (himbauan di atas motor pompong, red) dilakukan, yang kami lakukan ini hanyalah upaya agar masyarakat setempat tahu bahaya yang ditimbulkan dengan membakar lahan dan hukuman yang diberikan oleh tersangka pembakaran lahan," tuturnya.

Selain itu, Iwan juga menjelaskan sasaran penyampaian himbauan adalah wilayah Desa Simpang Gaung yang meliputi Dusun Pisang, Dusun Pasar Baru, Dusun Pasar Lama, Dusun Simpang Dalam, Dusun Sentosa serta Desa Semambu Kuning yang diantaranya di Dusun Mulia, Dusun Sejahtera dan Terentang.

"Semoga kedepannya warga disini dapat lebih tahu dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membakar lahan serta semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang rawan akan Karhutla," pungkasnya.

Reporter Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar