Daerah

Hasil LKPD Tahun Anggaran 2014 Bengkalis Kembali Raih Opini WTP

Gagasanriau.com Pekanbaru – Setelah sebelumnya meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP), kali ini Kabupaten Bengkalis kembali mengukir prestasi dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2014.

Penghargaan Opini WTP diserahkan langsung Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Widiyatmantoro kepada Bupati Bengkalis Herliyan Saleh di Auditorium Kantor BPK RI Provinsi Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (1/6/2015).

Hadir pada acara penyerahan opini WTP ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Indra Gunawan, Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Burhanudin, Inspekstur Bengkalis H Muklis, seluruh Kepala SKDP di lingkungan Pemkab Bengkalis dan camat se-Kabupaten Bengkalis.

Sebelumnya dilakukan penyerahan LKPD tahun anggaran 2014, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan yang dilakukan oleh Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Widiyatmantoro, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dan Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Indra Gunawan.

Pencapaian opini WTP tahun ini, masih terdapat beberapa catatan, kedepan Bupati Bengkalis, berharap pada tahun yang akan datang catatan beberapa paragrap tersebut harus bisa dihilangkan. Artinya, LKPD tahun anggaran tahun 2015 mendatang mencapai opini WTP tanpa ada lagi embel-embel paragrap catatan.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan dari BPK perwakilan Provinsi Riau kepada Pemkab Bengkalis, merupakan bentuk petunjuk untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pengelolaan keuangan pada masa yang datang. Semakin baiknya pengelolaan keuangan, akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemkab Bengkalis.

“Kita patut bersyukur, karena bisa mempertahankan prestasi dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2014. Pencapaian ini, berkat kerja keras dan komitmen seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mewujudkan laporan keuangan yang tertib, transparan dan akuntabel,” ungkap Herliyan.

Dikatakan Herliyan Saleh, pencapaian opini WTP menjadi sebuah tantangan bagi jajaran aparatur Pemkab Bengkalis untuk meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemkab Bengkalis untuk bekerja sesuai koridor aturan yang berlaku.

“Untuk mempertahankan WTP ini, Bupati menginstruksikan seluruh SKPD menghidupkan sistem pengendalian internal dan lebih hati-hati dalam perencanaan kegiatan maupun melaksanakan kegiatan,” ujarnya.

Terkait dengan pencapaian opini wajar tanpa pengeculian yang dicapai, Herliyan menyampaikan terima kasih atas rekomendasi dan saran yang tertuang dalam hasil pemeriksaan. Pemkab Bengkalis akan terus berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang menjadi temuan pemeriksaan BPK.

“Sudah menjadi cita-cita kami, kedepan dapat mempertahankan dan meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain di provinsi Riau. Upaya meraih opini WTP juga menjadi komitmen bagi kami untuk menjawab kepercayaan yang telah diamanahkan masyarakat, seperti yang telah kami tuangkan dalam visi dan misi Kabupaten Bengkalis,” ujar Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri.

Pada kesempatan itu, Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Widiyatmantoro, untuk menguji kewajaran laporan keuangan, dengan berdasarkan kesesuaian ketentuan dalam penyusunan laporan keuangan. Berdasarkan laporan keuangan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Riau, menetapkan opini wajar tanpa pengecualian, seperti tahun sebelumnya dengan beberapa paragraf penjelasan.

“Terkait beberapa rekomendasi yang perlu diperbaiki, diminta kepada Pemkab Bengkalis dan DPRD untuk segera memperbaiki, dan selama 60 hari setelah ini dilakukan tindaklanjut. Pemkab Bengkalis, diharapkan untuk menyesuaikan peraturan perundang-undangan, sehingga tata kelola keuangan Kabupaten Bengkalis lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Indra Gunawan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang diraih saat ini. Tak lupa juga Eet, berharap adanya pembinaan dan saran-saran konstruktif dari BPK Perwakilan Provinsi Riau. Dalam membangun Kabupaten Bengkalis, butuh sinergi yang baik dari seluruh elemen masyarakat.

Reporter Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar