Daerah

Tingkatkan Kesejahteraan Guru, Kemenag Rohil Usulkan Rp34 miliar Lebih Bayar Gaji Madrasah

Gagasanriau.com Bagansiapiapi - Untuk meningkatkan kesejahteraan guru yang mengajar di sekolah Madrasah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau pada 2015 mengusulkan Rp34 miliar lebih ke Pemerintah Pusat untuk membayar honor dan gaji guru madrasah serta mencukupi kebutuhan standar pembayaran upah kepada guru mengaji.

"Tiap tahun jumlah madrasah dan sekolah agama bertambah, jadi kami usulkan dana sekitar Rp14, 6 miliar ke Pemkab Rohil untuk honorium guru dalam setahunnya," kata Kakankemenag Rohil Agustiar, Sabtu (3/01/2015).

Dirinya berharap usulan bisa diterima dan jumlah tersebut bisa dipenuhi. “Kami yakin akan dikabulkan, karena sama-sama tahu pemkab Rohil sangat peduli dengan pendidikan tidak hanya yang formal melainkan juga pendidikan agama,” jelasnya.

Lanjutnya, honorium dana gaji tersebut sudah dikalkulasikan selama setahun seperti bantuan yang diberikan sebelumnya sebanyak Rp14 miliar. “Setiap tahun rutin tahun 2014 ini kita diberikan hibah Rp14 miliar dari pemkab,” sebutnya.

Dari data disebutkan, jumlah gru madrasah saja yang dalam jenjang RA, TPQ dan PDT mencapai 2.712 orang dengan rincian RA 470 orang, TPQ 149 orang dan PDT 2.093. Semenyara itu maish banyak guru liannya seperti MTS, MA serta sekolah agama lainnya.

"Itu sudah mencakup dalam setahun masing-masing guru, kami yakin kedepan jumlah sekolah madrsah akan terus bertambah untuk kepentingan mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak di daerah ini,"katanya.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar