Daerah

Pemkab Rohil Minta LSM dan Ormas Turut Berikan Sumbangsih Kepada Daerah

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Drs H Surya Arfan MSi meminta kepada Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyrakat (LSM) memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

Ormas dan LSM tidak hanya semata-mata membantu pemerintah, namun harus mampu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dengan melakukan serangkaian kegiatan kesosialan secara Mandiri tanpa harus meminta bantuan dari pemerintah daerah.

Demikian dikatakan Surya Arfan saat membuka sosialisasi Pemendagri nomor 33 tahun 2012, tentang pendaftaran Organisasi masyrakat di lingkungan kemendagri dan pemerintah daerah, di aula Hotel Kesuma, Bagan Siapiapi, Selasa (16/6) kemarin. Sosialisasi itu di ikuti 90 Ormas dan LSM yang terdaftar di Badan kesatuan Bangsa, politik dan perlindungan masyarakat (Kesbangpolinmas) Rohil.

Ormas dan LSM harus bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk mengoreksi dan menanggapi keluhan-keluhan dari masyrakat. Sayangnya, Ormas dan LSM saat ini masih banyak yang salah kaprah dengan memanfaatkan dana Bansos dan dana hibah sebagai mata pencariannnya. "Ormas dan LSM harus bisa mandiri tanpa harus mengharapkan Bantuan Sosial (Bansos) maupun dana Hibah dari pemerintah," sindir Surya Arfan.

Diakui Surya Arfan, hingga saat ini pemkab Rohil belum ada mencairkan dana Bansos dan Hibah. Hal ini dikarenakan takut terjadinya temuan oleh penegak hukum. "Kita lihat beberapa daerah di indonesia banyak pejabatnya tersandung kasus akibat dana Bansos dan Hibah," katanya.

Kendati demikian, Pihaknya tetap akan membantu Ormas dan LSM, namun hal ini tentunya harus dilakukan pembahasan yang matang terlebih dahulu kepada Bupati Rohil dan Instansi terkait lainnya. "Kita tidak ingin gara-gara dana Bansos dan Hibah berurusan dengan Pihak Hukum," urainya.

Reporter Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar