Daerah

Bupati Inhil HM Wardan Buka Lomba Sampan Leper

Gagasanriau.com Tembilahan – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan membuka secara resmi even wisata pacu Sampan Leper di kawasan Kuala Getek Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan, Sabtu (22/8/2015) sore.

Bupati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan even wisata tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 1995 lalu. Dimana, even ini mengangkat suatu tradisi para orang tua terdahulu yang menjadikan sampan leper sebagai sarana kehidupan dalam mencari nafkah.

“Dari keunikan-keunikan itulah kita terus kembangkan menjadi satu even wisata Kabupaten Inhil yang telah berjenjang sebagai even wisata tingkat Provinsi Riau,” kata Wardan.

Namun disamping sampan leper, orang nomor satu di Negeri Sri Gemilang ini juga merambah dengan mengadakan perlombaan lainnya, seperti tangkap itik dan lomba foto se-Riau sebagai iringan even wisata pacu sampan leper.

Semoga katanya, dari kegiatan tersebut bisa menambah semangat kalangan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian, karena begitu susahnya para orang terdahulu dalam mencari nafkah yang hanya menggunakan sampan leper.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Inhil, Rudiansyah menyampaikan, even wisata pacu sampan leper itu diikuti sebanyak 30 peserta yang keseluruhannya adalah masyarakat Inhil.

Sedangkan untuk perlombaan tangkap itik, jumlah pesertanya tidak terbatas, jadi sampai saat ini pihaknya pun tidak mendata secara rinci siapa saja yang mengikutinya, begitu juga untuk lomba fotografer, pada intinya kegiatan tersebut diadakan sudah berjenjang di tingkat Provinsi.

Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar