Daerah

Forum Pemred Riau, Atas Nama Siapa?

[caption id="attachment_2997" align="alignleft" width="300"]Forum Pemred Riau, AtasNamaSiapa? Forum Pemred Riau, Atas Nama Siapa? ilustrasi[/caption]

gagasanriau.com –Wacana Forum Pemred Riau (FPR) memberikan penghargaan kepada Rusli Zainal gubernur Riau sebagai “Bapak Pembangunan Riau”, yang sekarang mendekam ditahanan KPK atas kasus korupsi yang dituduhkannya kepadanya mendapat kecaman dari kalangan jurnalis di Riau.

Ketua Solidaritas Wartawan untuk Transparansi (SOWAT), Syahnan Rangkuti,memberikan pernyataan negative atas ide pemberiaan penghargaan tersebut.

"Kalau memang layak disebut sebagai 'Bapak Pembangunan Riau' sah-sah saja,Itu juga harus memiliki kajian akademis. Apalagi, kalau membangun sekalian melakukan korupsi, apakah itu masih layak dikatakan sebagai 'Bapak Pembangunan'? Nanti yang memberikan gelar bias disebut bebek kesiangan," pungkas Syahnan Rangkuti, kepada politikriau.com, Rabu (3/7) malam.

Sementara itu H. Mulyadi wartawan senior di Riau, "Bisa saja ini ada sponsor.Tapi sudahlah,Jangan begitu, kasihan juga kita sama Pak Rusli, dia jadi korban. Nanti kita diketawakan,"ujarnya.

Menurutnya lagi para jurnalis harus  cerdas dalam memberikan penghargaan jika dianggap layak, tidak melupakanan kajian-kajian yang bisa di pertanggungjawabkan secara ilmiah.

Bintang seorang jurnalis lepas justru menegaskan bahwa pemberian penghargaanini justru mencoreng muka media massa yang harus bersikap netral dalam pemberitaan, bukan semata-mata ada kepentingan ekonomi sepihak menguntungkan oknum-oknum tertentu.

“Lantas pemberitaan di media-media massa harus membohongi masyarakat banyak sebagai pembaca, lagian Forum Pemred Riau itu atas nama siapa? ”tegasnya. Menurutnya lagi jurnalis harus siap dengan pekerjaannya sebagai pembuat berita, hingga tetap bisa berpijak kepada kebenaran itu sendiri.

Ady Kuswanto


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar