Daerah

M. Iqbal Warga Pekanbaru Meninggal Karena Kabut Asap

GagasanRiau.com Pekanbaru - Kebringasan penyakit yang disebabkan oleh kabut asap kembali memakan korban hingga tewas. Kalini seorang warga Kota Pekanbaru bernama Muhammad Iqbal Hali meninggal dunia akibat penyakit asma yang dideritanya mendadak kambuh akibat pekatnya kabut asap kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau.

Ayah korban, Hasan Amal, di Pekanbaru, Selasa, mengatakan anaknya yang berumur 31 tahun itu meninggal dunia pada Senin petang (5/10). "Asmanya mendadak kumat lagi, dan meninggal dunia sebelum sempat dibawa ke rumah sakit,"kata Hasan Amal.

Ia menjelaskan, almarhum anaknya memang menderita asma sejak masih duduk di bangku SMP. Meski begitu, sudah beberapa tahun terakhir asmanya tak pernah kambuh dan ia menduga udara Pekanbaru yang sangat tercemar asap selama lebih dari sebulan terakhir ini membuat kondisi anaknya memburuk.

Almarhum Iqbal meninggalkan satu orang isteri dan tiga anak. Dia merupakan pengawai di Kanwil Kementerian Agama Wilayah Riau. Menurut Hasan Amal, almarhum anaknya pada hari saat meninggalnya terlihat bekerja seperti biasa.

"Dia pergi kerja naik sepeda motor seperti biasa. Saya ingatkan pakai masker. Tapi saya lihat dia tak pakai masker kemarin," ujarnya.

Menurut dia, almarhum anaknya tiba-tiba sakit pada siang harinya dan langsung dibawa pulang. Hasan Amal mengatakan saat itu anaknya terlihat sesak untuk bernafas.

"Waktu di rumah dia megap-megap (sesak nafas), mukanya pucat. Saya peluk dia, dia pun memeluk saya. Lalu dia baring, sejak itu dia tak bersuara lagi," katanya.

Ia mengatakan pihak keluarga kemudian membawa anaknya ke RS Awal Bros, namun dokter di rumah sakit itu mengatakan Muhammad Iqbal sudah dalam kondisi tidak bernyawa.

"Menurut penjelasan dokter dia meninggal bisa karena kabut asap, karena ada riwayat asma. Asap membuat kondisi penderita asma tambah berbahaya," katanya.

Berdasarkan data Posko Tanggap Darurat Pencemaran Udara Riau, selama lebih dari sebulan terakhir kualitas udara di sebagian besar wilayah Riau dalam level "Berbahaya" akibat tercemar kabut asap kebakaran lahan dan hutan. (antarariau)

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar