Daerah

Sekolah Madrasah Asal Bengkalis Raih Dua Penghargaan Dari IHRDP

GagasanRiau.com Bengkalis - Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dari Kabupaten Bengkalis kembali membuktikan sebagai salah satu sekolah yang mengedepankan mutu pendidikan, hal ini dibuktikan dengan meraih dua penghargaan Education Award 2015 dari International Human Resources Development Program (IHRDP).

Dua penghargaan Education Award 2015 yang diberikan dari lembaga internasional tersebut adalah kategori Best School untuk sekolah dan Best Principal untuk Kepala Sekolah (Kepsek) MAN Bengkalis, H Sudirman yang diterima di Jakarta, Sabtu (17/10/2015).

Sebagai bentuk rasa suka cita, MAN Bengkalis menggelar arak-arakan dua penghargaan tersebut, Senin (19/10/2015) pagi. Arak-arakan dengan menggunakan mobil Dinas Perhubungan dan dikawal mobil Polisi Lalu Lintas Polres Bengkalis ini mengambil start Lapangan Tugu dan berakhir di sekolah MAN Bengkalis diikuti ratusan murid dan guru. Arak-arakan juga dimeriahkan oleh penampilan siswa siswi penabuh kompang dan angklung.

Sesampainya di sekolah MAN, arak-arakan disambut dengan pengalungan bunga oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H Zulhelmi kepada Kepsek, H Sudirman. Dilanjutkan dengan penyambutan secara seremonial yang dihadiri anggota DPRD Bengkalis Irmi Syakip Arsalan, perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis, H Nasrun Harahap, Sekretaris Camat Bengkalis Reza Noverindra, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis, H Sidik serta beberapa perwakilan guru dari sekolah lain yang ada di Bengkalis.

"Alhamdulillah MAN Bengkalis menerima penghargaan dari IHRDP. Untuk sekolah meraih Best School sedangkan saya mendapat penghargaan Best Principal 2015" ujar Sudirman saat memberikan sambutannya.

Ia menambahkan, IHRDP sendiri adalah suatu lembaga non politik dan non profit yang bersifat sebagai pemantau, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia (human resources) yang konsen memberikan penganugerahan penghargaan untuk instansi, lembaga dan pribadi berprestasi. Penghargaan ini, jelasnya, diberikan kepada 34 sekolah dan 35 Kepala Sekolah dari 586 sekolah di Seluruh Indonesia yang masuk penilaian.

"Indikator penerima perhargaan ini adalah tokoh pendidikan dan lembaga yang dianggap terbaik, berprestasi, berdedikasi dan juga menampilkan peran aktif memberikan sumbangsih dalam bentuk gagasan inovatif dan karya-karya nyata bagi keberhasilan bidang pendidikan, serta kreatif mengangkat nama daerah masing-masing," jelasnya.

Kategori kepala sekolah berprestasi tahun 2015 antara lain dapat dijadikan contoh dan teladan di lingkungan yang dipimpinnya, dalam keluarga dan masyarakat, dan telah mengabdi minimal selama 10 tahun di bidang pendidikan.

"Penghargaan ini tentu menjadi tantangan tersediri bagi saya untuk melakukan yang lebih baik di dunia pendidikan, sehingga tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga untuk orang banyak," ujar Sudirman lagi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Zulhelmi yang dulunya pernah mengenyam pendidikan di MAN Bengkalis, selaku alumni dirinya merasa bangga atas prestasi yang diukir sekolah almamaternya tersebut.

"Selamat dan sukses atas penganugerahan MAN Bengkalis sebagai Best School dan Best Principal 2015, semoga kedepannya MAN semakin maju dan menjadi sekolah yang terus memiliki prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, sehingga mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas, baik dari segi intelektual maupun mental spiritual", pungkas Zulhelmi.

Reporter Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar