Daerah

Pelantikan KKSS Inhil Akan Mengangkat Budaya Bugis (Mattammpa) Ditengah Perantauan

GagasanRiau.com Tembilahan - Sejumlah organisasi dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melakukan pelatikan dan pengukuhan pengurus dengan mengangkat budaya Mattampa (mengundang) seluruh kalangan tokoh bugis dan juga Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, selain itu juga organisasi perantauan bugis dari provinsi tetangga lainnya seperti Jambi, Jakarta, Dumai, Pelelawan, dan Rokan Hilir (Rohil).

Dimana organisasi Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS), yang terdiri dari Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS), Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS).

Pengukuhan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu malam Minggu pada tanggal (24/10/2015), dan bertempat digedung Engku Kelana, undangan ini dilaksanakan sesuai adat Bugis (Mattammpa), Mattammpa artinya mengundang, undangan ini diantar oleh anggota IKAMI Sulsel Kabupaten Inhil dengan menggunakan pakaian adat Bugis.

Ketua Umum KKSS Kabupaten Inhil H.Burhan mengatakan dengan menerapkan budaya ini pihaknya akan memperlihatkan adat suku Bugis asal Sulawesi Selatan ditengah-tengah perantauan di tanah Inhil ini.

"Dengan warisan ini kita akan melestarikanya dan membudayakan supaya mengakar ke penerus kita kelak"tuturnya Kamis (22/10/2015).

Mantan ketua IPSS Kabupaten Inhil sekaligus Ketua Pelaksana Pengukuhan. Fahruddin Kudus mengatakan, "Kita akan mengangkat atau memunculkan budaya kita yang belum pernah dilakukan di tanah Inhil dan akan menjaga identitas budaya kita, mudah-mudahan dengan mengantar undangan seperti ini kesannya terhormat dimata orang yang kita undang dengan cara sangat santun"tuturnya.

Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Indonesia Sulsel (IKAMI) Hamdan, juga menjelaskan kepada GagasanRiau.com, "Maksud dan tujuan (Mattammpa), ialah mengundang atau mengantar undangan kepada orang yang kita undang dengan cara sangat terhormat dan santun dan kita akan memperkenalkan budaya Bugis ini ditengah-tengah masyarakat. Dan Semoga Keluarga besar Sulsel, IPSS, IKAMI, mampu eksis kembali atau kukuh kembali di Inhil"terangnya. Selain itu ia berharapan pengurus baru yang dilantik semakin jaya dan bersatu kembali ditanah perantauan Kabupaten Inhil.

Reporter Daud.M.Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar