Daerah

Bupati Rohil Resmikan Pagelaran Wayang Kulit di Bagan Siapiapi

GagasanRiau.com Bagan Siapiapi - Memasuki Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah yang didalam Suku Jawa menyebutnya dengan Bulan Suro, Paguyuban Hangudi Utomo menggelar perwayangan guna memperingatinya dengan sebutan Suroan ke 1949.

Pangelaran wayang yang diresmikan oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H.Suyatno Amp, dilakukan di gedung serbaguna Hangudi Utomo Bagan Siapiapi, Rabu (4/11) malam tadi. Dan acara berlangsung meriah dihadiri sedulur serta anggota paguyuban. Acara ditandai penyerahan wayang dari Bupati Suyatno kepada Ki Dalang Gondo Lukito.

Dalam pengarahannya, Suyatno meminta semua anggota paguyuban bergandengan tangan dengan pemerintah dalam membangun Rokan Hilir. "Masyarakat kita heterogen, mari sama-sama kita membangun Rokan Hilir,"ujarnya.

Disinggung mengenai apa arti dari jalan cerita perwanyangan, Suyatno langsung memberikan komentarnya mengebai pertanyaan wartawan. "Dimana dalam cerita wayang tersebut Ki Gondo Lukito banyak memberikan nasehat kepada generasi muda, agar rajin, diantaranya dalam menuntut ilmu,"kata Suyatno mengartikan.

Sementara, Ketua Umum Hangudi Utomo, Sudarno H Yusman yang didampingi oleh Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Karim, menyebutkan, pangelaran tersebut hanya dilakukan sebagai pemetiahan sahaja. "Dan kita hanya melakukan untuk malam ini saja sampai pukul 01.00 WIB dini hari,"paparnya.

Reporter Herman


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar