Daerah

Pemkab Inhil Akan Salurkan Bantuan ke 30 Nelayan

GagasanRiau.com Bagan Siapiapi - Program Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir untuk mensejahterakan masyarakat, sepertinya terus menampakkan hasil. Dan rencananya, 30 nelayan di Bagan Siapiapi akan mendapat bantuan berupa kapal 1 GT ditambah delapan nelayan dapat bantuan 3 GT.

Demikian perencanaan itu dibeberkan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil, M Amin, Sabtu (7/11) di Pelabuhan Pol Air Bagan Siapiapi. Menurutnya bantuan tersebut akan tepat sasaran, dengan langsung menjumpai nelayan yang sedang mencari ikan, serta mendatangi rumahnya.

Adapun bantuan tersbut, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sudah dilelang melalui LPSE, dan saat ini semua kapal dimaksud hampir rampung. "Hanya menghitung hari saja lagi," katanya.

Untuk memastikan bantuan tepat sasaran, selain sesuai prosedur bantuan, pihaknya langsung menjumpai nelayan yang sedang mencari ikan. "Untuk yang 1 GT, kita prioritaskan nelayan yang masih mendayung, pendapatan mereka sudah jelas berkurang," katanya.

Setelah memastikan nelayan itu benar-benar membutuhkan, pihaknya menurut Amin, mendatangi rumahnya, dan setelah melihat kondisi sebenarnya, baru bisa diprioritaskan.

Untuk delapan penerima bantuan kapal 3 GT, pihaknya juga sudah melakukan survey, dan calon penerima benar-benar tidak salah sasaran. "Dalam rapat saya bilang, nelayan yang sebenarnya, tidak tahu yang namanya proposal, makanya kita turun lapangan langsung, setelah itu baru dijalani proses, sesuai ketentuan yang berlaku, untuk bantuan," imbuhnya.

Reporter Herman


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar