Daerah

Bupati Wardan Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi dan Budaya Daerah

GagasanRiau.Com Tembilahan - Seluruh elemen masyarakat diajak menjaga serta melestarikan tradisi dan budaya daerah, sehingga dapat terus diwariskan kepada generasi berikutnya.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan saat menghadiri Aruh Ganal (Kenduri Besar) sempena pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (DPW KBB) Kota Pekanbaru, di Gedung Idrus Tintin, Komplek Bandar Serai Purna MTQ Pekanbaru, Kamis (30/7/15) malam.

Turut hadir saat itu, Asisten III Provinsi Kalsel, H Aris, Ketua Dewan Pembina KBB Provinsi Riau, Prof Dr Zulkarnain, Ketua Umum KBB Kepri H Syamsudin Uti, Ketua KBB Provinsi Riau Dedy Fardika, Ketua KBB Kota Pekanbaru Zainal Arifin, Bupati Inhil dan isteri, Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, tokoh Banjar Kota Batam Ria Saptarika dan beberapa pejabat serta tokoh masyarakat Banjar Inhil.

Kegiatan Aruh Ganal tersebut menampilkan beberapa pagelaran kesenian Banjar dari Tembilahan dan Kalimantan Selatan. Diawali silaturahmi warga keturunan Banjar dari berbagai daerah dan bazar.

Dikatakan Bupati Wardan, Aruh Ganal atau Pesta Besar seperti yang diadakan pada malam hari ini, merupakan suatu wahana untuk lebih mempererat silaturahmi dan persaudaraan, terlebih khusus kepada sesama suku Banjar.

"Momentum ini sangat penting, guna meningkatkan rasa kebersamaan untuk membangun atau mencapai tujuan bersama," tutur Bupati Wardan.

Selanjutnya, Datu Mangku Negeri ini berharap, KBB dapat berbaur dengan seluruh komponen masyarakat lain, termasuk menjaga kerukunan dan kebersamaan dengan seluruh etnis agar tetap rukun, harmonis, serta terus mewarnai kehidupan dan jalannya roda pembangunan di Riau.

"Saya merasa bangga karena sampai saat ini masyarakat Banjar masih bisa mempertahankan tradisi dan budayanya. Saya berharap agar Bubuhan Banjar tetap bisa menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya ini," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan cendramata dan kain sesirangan dari Pembina KBB ProvInsi Riau, Prof DR Zulkarnain kepada Bupati HM Wardan.

Advertorial/Humas


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar