Daerah

Pemkab Inhil Buat Program Database Pemetaan Desa Online

GagasanRiau.Com Tembilahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) berencana membuat program database pemetaan desa yang dapat diakses secara online.

Rencana tersebut diungkapkan Bupati Inhil, HM Wardan usai melakukan pembahasan bersama Direktur PDAM, BPMPD, Dinas Cipta Karya dan Bagian Perekomian Sekdakab Inhil, di ruangan kerjanya, kemarin.

Dikatakan Bupati Wardan, melalui program ini diharapkan mampu menggambarkan semua data dan potensi yang ada di desa secara representatif.

"Mudah-mudahan seluruhnya bisa terlihat dan terpantau, baik dalam pengelolaan dan pemanfaatan lahan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya," tutur Bupati Wardan.

Dijelaskan Bupati Warda , program ini merupakan rangkaian dari implementasi realisasi pelaksanaan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), dimana pembangunan daerah pedesaan akan tergambarkan secara jelas terlihat di internet atau online.

"Seperti pembangunan infrastruktur jalan, kita bisa melihat dan mengetahui berapa besar jalan tersebut. Begitu juga pada pelaksanaan dunia pendidikan, kesehatan dan perkebunan masyarakat," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini, dalam pelaksanaan program tersebut akan ada tim yang mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang akurat di lapangan.

"Nantinya program ini akan ditangani dan dikelola secara maksimal, sehingga dapat menjadi acuan perkembangan peningkatan pembangunan di desa," imbuhnya.

Advertorial/Humas


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar