Daerah

Pemkab Barito Kalsel, Kunjungi Pemkab Inhil Studi Peningkatan Produktifitas Beras

GagasanRiau.Com Tembilahan- Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan daerah ke Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk melakukan silahturahmi dalam rangka meningkatkan produksifitas pertahanan pangan pada Kamis (19/11/15).

Pemkab Barito Kuala dipimpin oleh Sekretaris Daerah Supriyono dan dikatakannya tujuannya berkunjung ke Kabupaten Inhil pihaknya ingin melakukan tukar pendapat masalah budidaya penanaman padi dan teknologi yang diterapkan sebagai penghasil beras.

"Kedatangan kami ingin bersilahturahmi sekaligus mencari pengalaman dan berguru sama saudara kami yang ada di Indragiri Hilir ini bagaimana bisa melakukan indeks penanaman 30 persen,"ungkapnya

Supriyono menyebutkan bahwa di Kalsel masa panen hanya bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam setahun namun dikatakannya sementara untuk di Kabupaten Inhil hingga 3 kali masa panen dalam setahun.

"Yang kami dapatkan informasi bahwa Kabupaten Inhil di Kecamatan Kempas bisa melakukan penanaman padi 3 kali panen dalam satu tahun, jadi kami mau pelajari mengapa kok bisa"ungkap Supriyono.

Supriyono berharap dengan pertemuan ini pihaknya bisa mendapatkan teknik budidaya padi yang bisa menghasilkan beras 3 kali setahun seperti masyarakat Inhil. Karena dipaparkan Supriyono lagi, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Indragiri Hilir sama-sama memiliki kemiripan kondisi geografis yang sama.

Sementara itu Plt Sekda Inhil Fauzar menyambut baik kedatangan Pemkab Barito Kuala ke Inhil dengan tujuan bersilahturahmi dan berdiskusi tentang pertahanan pangan.

"Kita menyambut baik kunjungan mereka, mudah-mudahan dengan pertemuan ini dan masukkan dari kita bisa diterapkan di Kabupaten meraka tentang penanaman 30 persen dengan penanaman 3x pertahun,"ungkap Fauzar

Reporter: Daud M.Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar