Daerah

Melalui Pacu Jalur Kuansing, Riau Jadikan Ajang Promosi Wisata 2015

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Ajang Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menjadi ajang promosi wisata tahun 2015 bagi Pemerintah Provinsi Riau.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal Usman mengatakan pihaknya memang perlu melakukan upaya pemasaran dengan menjual kegiatan bidang pariwisata daerahnya.

"Kami sangat serius mengembangkan sektor pariwisata di Riau, dalam waktu dekat kami sudah undang Menteri Pariwisata untuk membuka dan menyaksikan langsung Pacu Jalur 2015,"katanya, Rabu (29/7/2015).

Fahmizal mengatakan sebagai kegiatan tahunan, Pacu Jalur telah menjadi agenda wisata yang menggerakkan beragam sektor mulai ekonomi, sosial, hingga budaya setempat.

Untuk meningkatkan dampak positif dari kegiatan ini, memang perlu beragam evaluasi dan pembenahan sehingga pengunjung yang datang bisa mendapatkan kepuasan setelah melihat langsung kegiatan itu.

Beberapa hal yang perlu dibenahi menurut dia yaitu infrastruktur, promosi, dan aspek lingkungan seperti perilaku masyarakat setempat.

"Seperti perilaku sadar wisata yang perlu dilakukan secara bertahap, dengan ini masyarakat bakal paham dampak positif dari kegiatan pariwisata di daerah itu," katanya.

Adapun kegiatan wisata Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi adalah agenda tahunan yang berbentuk perlombaan perahu di batang (sungai) Kuantan, layaknya dragon boat yang diikuti jalur atau perahu dari masing-masing desa di tiap kecamatan wilayah tersebut.

Reporter Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar