Daerah

Di Palembang, Rohil Raih Juara Dua Pameran Hasil Kerajinan UKM

GagasanRiau.Com Rohil - Dalam pameran hasil kerajinan tangan dan produk khas daerah tingkat nasional di Indah Mall (PIM) Palembang, Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berhasil memperoleh juara II. Kegiatan ini diikuti 25 utusan se-Indonesia, sejak tanggal 27-30 Agustus 2015 lalu.

Hasil kerajinan tangan dan produk khas daerah yang dipamerkan oleh Dinas Koperasi dan Usaka Kecil Menengah (UKM) Rohil berupa produk unggulan Rokan Hilir seperti, tenun songket, batok kelapa, ikan asin, kacang pukul, udang pukul, anyaman tikar, mie sua, kerupuk, dan seni kerajinan tangan lainnya.

Ikan asin,merupakan hasil dari kerajinan tangan dan produk khas daerah yang dipamerkan karena dijamin tidak memakai formalin (pengawet,red)," kata Kadiskop UKM Rohil, Jon Syafrindow melalui Kabid UKM H Azwar, Selasa (1/9/2015).

"Alhamdulillah pameran kerajinan tangan dan produk khas daerah tingkat nasional, kita mendapatkan juara kedua. Untuk juara ketiga diraih oleh Provinsi Riau yang diwakili Badan Ketahanan Pangan Riau, dan juara pertama diraih Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) yang diwakili Dinas Perikanan dan kelautan (Diskanlut)," terangnya.

Diterangkan Azwar lagi, saat ini kerajinan tangan dan produk khas daerah yang dibina secara rutin oleh Diskop Rohil berjumlah 10 UKM yang terdapat di kecamatan Bangko, Rimba Melintang, dan Pujud.

Di dalam pameran itu, para juri melakukan penilaian berdasarkan keindahan, kebersihan, dan pelayanan yang diberikan. Sementara makanan yang diminati dan digemari dalam pameran itu seperti kacang pukul dan ikan asin buatan masyarakat kota bagansiapiapi," ujar Azwar.

Selain memamerkan hasil kerajinan tangan binaan UKM, pihaknya juga memamerkan beberapa objek wisata andalan Kabupaten Rohil melalui foto seperti Pulau Jemur, Jembatan Kembar Pedamaran I dan II, Pulau Tilan, Danau Napangga, dan Objek wisata lainnya," imbuhnya.

Advertorial/Herman


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar