Daerah

Pemkab Rohil Maksimalkan Potensi Wisata

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) akan memaksimalkan potensi daerah dari sektor wisata. Salah satunya adalah budaya bakar tongkang dan potensi wisata daerah lainnya. Untuk itu Bupati Rohil, H. Suyatno didampingi Asisten Administrasi Bidang Kesra Setda Rohil H Ali Asfar SSos MSi, Jumat (25/9) di kediaman di Kawasan Batuenam akan melakukan ekspose.

Setelah menerima kedatangan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Drs H Zulkarnaen. Pertemuan singkat itu membahas tentang potensi di sektor wisata.

"Siapkan semua bahannya. Saya segera ekspose semua potensi di sektor wisata,"kata Suyatno menginstruksikan agar Zulkarnaen segera menyiapkan bahan-bahan wisata.

Salah satu bahan wisata yang perlu disiapkan, tambah Suyatno, yakni ritual bakar tongkang. Pertimbangannya, ritual bakar tongkang termasuk salah satu wisata religi yang dinilai sangat menonjol. Karena, ritual bakar tongkang yang dilaksanakan setiap tahun itu mampu menyedot minat pengunjung untuk berdatangan ke Bagansiapi-api

"Jangan lupa nanti, dalam ekspose itu nanti undang tokoh warga Tionghoa Bagansiapi-api yang mengerti soal ritual bakar tongkang itu,"kata Suyatno.

Kegiatan untuk mengekspose tentang potensi wisata lantaran adanya rencana tim penghubung dari pusat berkunjung di Kabupaten Rohil. "Pertemuan dengan tim itu nanti direncanakan di mes Pemkab Rohil di Jalan Perwira Bagansiapi-api,"kata Suyatno.

Sementara, beberapa kota dan tempat menarik di Kabupaten Rohil terus dibenahi untuk dijadikan lokasi tujuan wisata. Seperti kota nelayan yang berada di pesisir pantai. Selain itu mengembangkan kawasan baru sebagai pusat perkotaan seperti di Kawasan Batuenam yang berarsitektur kubah.

Disamping itu, pembenahan dan penataan turut dilakukan di daerah-daerah dengan berlatar belakang agrowisata.

Seperti terdapat di daerah Baganbatu. Sedangkan daerah Pujud, Sedinginan, Kubu dan Tanahputih menyuguhkan unsur budaya sebagai ciri khas daerahnya.

Kemudian tempat lainnya yang dapat dikunjungi seperti wisata bahari yang berada di Gugusan Kepulauan Aruah. Serta objek wisata alam berupa danau laut Napangga dan lainnya.

Advertorial/Herman


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar